Kanal

Harga Minyak Fluktuatif, Saham Berbasis Energi Menarik Dikoleksi

JAKARTA, riautribune: - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksikan akan dibuka melemah atau bergerak di zona merah karena terimbas bursa global yang tengah mengalami koreksi.

ETF Indonesia di bursa US (EIDO) ditutup melemah 1,6 persen semalam, yang mengindikasikan potensi koreksi di IHSG hari ini.

"IHSG diperkirakan akan dibuka melemah hari ini seiring koreksi signifikan di bursa global dan EIDO semalam," papar Samuel Research Team dalam risetnya, Kamis(7/4/2016).

Meski demikian, sentimen penguatan harga minyak akan positif bagi beberapa saham berbasis energi baik minyak maupun batubara.

"Pagi ini, bursa Asia bergerak mixed dengan kecenderungan melemah sementara nilai tukar rupiah relatif flat pagi ini di level Rp 13,225 per dollar AS,"seperti dikutip dari Samuel Research Team.

Sekedar informasi, bursa AS terkoreksi cukup tajam semalam. Indeks S&P 500 melemah 1 persen, atau mengalami penurunan terparah dalam sebulan terakhir, seiring pasar kembali khawatir terkait prospek pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat.

Koreksi juga terjadi di bursa Eropa yang rata-rata melemah 2 persen lebih seiring rilis data factory orders Jerman di bulan Februari 2016, yang di luar dugaan kembali turun.

Harga minyak dunia menguat tipis semalam dan pagi ini kembali naik signifikan +2,4 persen ke level 36,7 per barel sementara harga metal dunia bergerak mixed.(kmp/rt)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER