Kanal

Kasus Perdana Omicron Sulsel: Pulang dari Maluku, Idap Tb dan HIV

JAKARTA, Riautribune.com - Satu kasus varian Omicron telah ditemukan di Sulawesi Selatan, Dinas Kesehatan Sulsel telah melakukan tindakan pencegahan dan mengisolasi pasien yang terjangkit varian tersebut. Pasien Omicorn pertama di Sulsel ini terjangkit setelah pulang dari Maluku.

Warga yang diketahui terjangkit varian Omicron ini merupakan seorang pekerja di perusahaan ikan di Dobo, Kepulauan Aru, Maluku. Ia mengalami sakit-sakitan setelah pulang dari Maluku pada Oktober 2021.

"Dia selalu sakit-sakitan dan beberapa kali sempat berobat ke Puskesmas Bontomarannu. Pada saat dirawat di RSUD Padjonga Dg. Ngalle, teridentifikasi sebagai kasus Covid-19 dan juga terdiagnosis sebagai penderita Tb paru serta HIV," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kesehatan Sulsel, Arman Bausat, Sabtu (22/1).

Setelah itu, jelas Arman pihak Dinas Kesehatan Takalar melakukan penyelidikan terhadap orang-orang yang berada di sekitar pasien dan tenaga kesehatan yang bertugas di RSUD Padjonga Dg. Ngalle Takalar.

"Tahap pertama telah dilakukan pengambilan sampel swab sebanyak 16 orang tenaga kesehatan di RSUD Padjonga Dg. Ngalle dan pihak keluarga pasien," ungkapnya.

Meski demikian, kata Arman dari seluruh sampel yang diperiksa termasuk belasan tenaga kesehatan tersebut hasilnya negatif.

"Dinkes tetap melakukan kegiatan penyelidikan epidemiologi dan pengambilan swab kontak erat (tenaga kesehatan, keluarga pasien) untuk diperiksa sampelnya. Melakukan kegiatan surveilans ketat di wilayah kerja Puskesmas Bontomarannu dan sekitarnya dengan memantau perkembangan peningkatan kasus ILI dan pneumonia," tegasnya.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER