Kanal

2022, Telkomsel akan Kubur Mati Jaringan 3G

JAKARTA, Riautribune.com - Telkomsel mematikan layanan 3G di seluruh wilayah secara bertahap mulai 2022, dan menggantikannya dengan jaringan 4G/LTE.

Langkah Telkomsel mematikan layanan 3G sesuai dengan arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) soal penghapusan layanan 3G.

"Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE sebagai kelanjutan komitmen kami," ujar Hendri Mulya Syam Direktur Utama Telkomsel dalam keterangan resmi (21/1).

"Upgrade seluruh layanan 3G ke 4G/LTE ini juga menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas digital dengan kualitas prima yang merata hingga pelosok negeri," imbuhnya.

Telkomsel menyebut proses upgrade layanan 3G ke 4G yang mereka lakukan telah melalui tahap pengkajian, perencanaan serta persiapan yang matang. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan layanan yang dinikmati pelanggan tidak terganggu selama masa transisi.

"Telkomsel telah mempersiapkan seluruh action plan mulai dari persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi dengan optimal, guna memastikan proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur di seluruh wilayah di Indonesia dapat berjalan baik, termasuk prioritas meminimalisir potensi gangguan," ujar Direktur Network Telkomsel Nugroho.

Lebih lanjut, Telkomsel menyebut proses upgrading layanan 3G ke 4G/LTE akan diprioritaskan percepatannya di wilayah yang sudah memiliki pemanfaatan layanan 4G/LTE yang merata dan matang.

Untuk mendukung program ini, Telkomsel mengajak para pelanggan yang saat ini masih menggunakan layanan 3G untuk segera beralih ke layanan 4G/LTE. Pasalnya layanan 4G/LTE menawarkan pengalaman berinternet yang lebih baik dibanding layanan 3G.

Layanan-layanan seperti streaming video dan musik digital, konferensi video, bermain game online, hingga layanan VoLTE dapat dinikmati dengan lebih maksimal di jaringan 4G/LTE.*

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER