Kanal

Di Hadapan Kader PKS, Mantan Menhan Minta RI Tiru Israel soal Bela Negara

JAKARTA, Riautribune.com - Mentan Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu meminta pemerintah mencontoh negara Israel dan Vietnam saat menetapkan program bela negara di Indonesia.

Baginya, warga negara di dua negara tersebut solid dan siap untuk menghadapi pelbagai potensi gangguan ancaman keamanan dan pertahanan.

"Saya ambil contoh soal bela negara. Kita Mau enggak mau kita harus contoh Israel. Israel itu penduduknya 7 sampai 8 juta sedangkan musuh-musuh di sekitarnya itu puluhan juta. Tapi Israel enggak pernah diserang. Kenapa? Semua bela negara," kata Ryamizard dalam acara Dialog Kebangsaan di kantor DPP PKS, Jakarta, Rabu (10/11).

Ryamizard menilai semua elemen masyarakat di Israel ikut berfungsi sebagai prajurit negara. Sehingga, militer dan masyarakat siap ketika sewaktu-waktu ada negara lain yang menyerang secara tiba-tiba.

"Anak-anak kecil sampai orang-orang tua ikut berfungsi sebagai prajurit dalam hadapi serangan dan ancaman. Jadi negara lain berfikir juga. Dia kalau hadapi Israel akan menghadapi 7-8 juta 'tentara'. Ini patut kita contoh dan laksanakan sekarang," kata dia.

Tak hanya Israel, Ryamizard menilai Vietnam memiliki masyarakat dan tentara yang siap sewaktu-waktu negara tersebut menghadapi gangguan. Salah satunya bisa terlihat ketika kemenangan Vietnam terhadap Amerika pada perang 1955-1975.

"Vietnam perang, kenapa menang? Karena tentara dan rakyat bersatu. Perang yang menyerang ratusan ribu Amerika bersenjata lengkap. Pesawat terbang ribuan, Tank lengkap. Tapi kenapa 500 ribu perang itu mereka kalah? Itu tadi. Kekuatan tentara dan rakyat bersatu," kata dia.

Melihat hal itu, Ryamizard mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk terus membela negara berdasarkan profesinya masing-masing. Baginya, bela negara dapat membangun karakter masyarakat yang disiplin dan bekerja keras untuk negara Indonesia.*

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER