Kanal

Rocky dan Raize Dapat Varian Hybrid, Segini Harganya

JAKARTA, Riautribune.com - Toyota Raize dan Daihatsu Rocky mendapatkan varian terbaru untuk pasar Jepang. Dua SUV populer tersebut sudah dibekali powertrain hybrid range-extender e-SMART.

Melansir laman Carscoops, opsi hybrid pada Rocky-Raize ini menggabungkan mesin tiga silinder 1.2 liter dengan motor listrik. Kombinasi mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 105 HP dan torsi 170 Nm. Tenaga dari mesin tersebut disalurkan ke roda depan.

Pada varian hybrid, dua model ini ditenagai baterai lithium-ion 4,3 Ah yang ditempatkan di bawah kursi belakang. Untuk pengisian dayanya, mobil ini sudah mendukung pengisian AC100V sebagai opsi standar. Kemudian juga ada outlet aksesoris 1.500 W yang dapat digunakan sebagai sistem catu daya darurat.

Selain powertrain hybrid, duo Rocky-Raize juga sudah mendapatkan penambahan fitur Smart Pedal (S-PDL) yang memungkinkan pengemudi mengendarai mobil dengan satu pedal saja. Kemudian konsumsi bahan bakar mesin hybrid ini diklaim sebesar 3,57 liter per 100 km.

Tidak hanya varian hybrid, kedua model SUV ini juga tersedia dalam varian mesin tiga silinder 1.2 liter. Efisiensi termalnya juga sudah ditingkatkan dan secara eksklusif ditawarkan dengan sistem penggerak 2WD yang dikombinasikan dengan gearbox CVT. Kemudian mesin Turbocharged 1.0 liter tiga silinder akan tersedia untuk varian 4WD yang dikawinkan dengan transmisi CVT.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky turut menghadirkan sejumlah fitur keselamatan seperti Smart Assist. Teknologi itu berfungsi untuk memberi peringatan benturan dan sebagai sistem penghindar tabrakan yang kini dapat mendeteksi pejalan kaki dalam kegelapan.

Selain itu, fitur adaptive cruise control (ACC) kini memiliki fungsi stop hold baru berkat adopsi rem parkir listrik dan mendukung all-speed tracking. Toyota dan Daihatsu juga menambahkan welcome light, yakni lampu kabin yang akan menyala saat pemilik mendekati mobil.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky hybrid ini sudah dipasarkan di Jepang. Sayangnya belum ada informasi apakah dua model terbaru ini akan dipasarkan secara global atau tidak.

Untuk harganya, Raize hybrid dibanderol 2.163.000 yen (Rp 271 jutaan), sementara Rocky hybrid dilego dengan harga 2.116.000 yen (Rp 265 jutaan).

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER