Kanal

Wabup Rohil Buka Sosialisasi Penguatan Tata Kelola PPID

BAGANSIAPIAPI - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman SS MH, mewakili Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, Selasa (26/10/2021) membuka secara resmi Sosialisasi Penguatan Tata Kelola Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Daerah Kabupaten Rohil di Aula Lantai III Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rohil di Batu Enam. 

Sosialisasi yang digagas Dinas Komunikasi, Informasi, Telekomunikasi dan Persandian (Diskominfotiks) Pemkab Rohil tersebut bertema "Mewujudkan Good Governance Melalui Penyediaan Daftar Informasi Publik".

Wabup Rohil H Sulaiman mengatakan keterbukaan informasi dapat menunjukan pemerintahan yang efektif, efesien, akuntable serta dapat dipertanggungjawabkan.

 "Sehingga tercipta kepercayaan publik kepada pemerintah, serta mendorong partisipasi masyarakat di dalam mengawasi jalannya pemerintah," ujar Wabup H Sulaiman, yang juga pembina PPID Rohil. 

Untuk.menjamin kererbukaan informasi publik, maka dibentuklah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Daerah, yaitu pejabat yang dapat bertanggungjawab dibidang penyelengara penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan atau pelayanan dibidang informasi publik. 

"Saat ini pendokumentasian dan informasi publik masih dilaksanakan OPD masing-masing. Kedepannya bagian yang mengelola arsip akan mempunyai peran yang lebih besar lagi," kata Wabup H Sulaiman.  


Wabup juga berharap Informasi publik dapat mmanfaatkan teknologi. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) juga, harap Wabup, mampu mendokumentasikan setiap informasi dan kegiatan Pemda yang terlaksana pada msyarakat dengan menyusun daftar informasi publik pada setiap perangkat daerah. 

"Yang nantinya dikelola PPID dan didokumentasikan melalui web side dan papan pengumuman yang dapat diakses oleh masyarakat luas," tutur Sulaiman.

Kedepan harap Wabup kegiatan ini tidak sampai disini saja tapi harus ada tindak lanjut sehingga bisa terus berkembang. "Mari sama-sama kita membangun Rohil dengan memberikan pelayanan publik yang optimal dan berintegritas," tandas Wabup Sulaiman. 

Turut hadir Sekda Rohil HM Job Kurniawan AP MSi, narasumber dari Pemprov Riau 
Tatang Yustiansah, Kadis Kominfotiks Pemkab Rohil H Hermanto S.Sos, Ketua Panitia Kasubag DokPim Diskominfotiks Pemkab Rohil Husnul Yamin, serta peserta dari OPD Pemkab Rohil. (amran)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER