Kanal

Seluruh Fraksi DPRD Rohil Apresiasi Pendapat Bupati Rohil

BAGANSIAPIAPI - Fraksi-fraksi DPRD Rohil menyampaikan apresiasi atas pendapat Bupati Rokan Hilir terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD Rokan Hilir Tentang Hymne dan Mars Kabupaten Rokan Hilir. 

Apresiasi tersebut disampaikan 9 fraksi di DPRD Rohil pada Rapat Paripurna DPRD Rohil Mendengar Pandangan Fraksi-Fraksi DPRD Rohil atas Pendapat Bupati Rohil Tentang Ranperda Hymne dan Mars Rohil, Selasa (18/10/2021) di Gedung DPRD Rohil di Batu Enam. 

"Kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati, karena telah menyampaikan pendapat dan pandangan yang sama, (Hymne dan Mars Rohil) akan meningkatkan semangat memupuk dan menanam rasa kebanggaan terhadap Kabupaten Rokan Hilir," ujar juru bicara Fraksi Nasdem Sudirman. 

Hymne dan Mars Rohil ini, terangnya, diharap dapat meningkatkan semangat membangun daerah, pelestarian budaya, persatuan. dan kerukunan hidup di masa kini dan masa yang akan datang. 

Selain itu, Sudirman juga menyampaikan sebagai mana harapan Bupati Rohil Afrizal Sintong, Fraksi Nasdem mendorong pelaksanaan tahapan pembahasan selanjutnya Ranperda Hymne dan Mars Rohil agar menjadi peraturan daerah.

"Sehingga implementasinya dapat terlaksana dengan sempurna baik di penyelenggaraan kegiatan Pemda maupun lembaga pendidikan yang cepat dan terarah," ucap Sudirman. 

Fraksi Hanura melalui juru bicara Jefri Bukhori, menyampaikan agar Hymne dan Mars Rohil itu harus sesuai dengan aslinya. Jika disahkan, Disdikbud Rohil segera menerapkan untuk dinyanyikan di sekolah-sekolah minimal seminggu sekali tiap upacara Senin. 

"Penghulu se Rohil untuk mengembangkan lagu Hymne dan Mars Rohil di tingkat kepenghuluan, dan minta Ranperda ini segera di undangkan (disahkan menjadi Ranperda)," kata Jefri.  

Ismaryati, jubir F-GPB DPRD Rohil setuju agar Ranperda Hymne dan Mars Rohil segera dijadikan Perda. "Setelah nanti disahkan menjadi Perda, Pemda menganggarkan biaya sosialisasi Hyme dan Mars ini," kata Ismaryati, dari Partai Gerindra.  

Wakil Bupati Rohil H Sulaiman menjelaskan Pemkab Rojil uga berkeinginan Ranperda Hymne dan Mars Rohil segera dijadikan Perda. Hymne dan Mars Rohil ini, ucap Wabup Sulaiman, sudah diterapkan di lingkungan Pemkab Rohil. 

"Hymne dan Mars Rohil sudah kita terapkan di lingkungan Pemkab Rohil. Dengan disahkan Ranperda ini nantinya (Hymne dan Mars Rohil) semakin mempertegas penerapannya,"  kata Wabup Rohil H Sulaiman. 


Rapat paripurna yang dipimpin Ketua I DPRD Rohil H Abdullah dan Wakil Ketua II DPRD Rohil Basirun Nur Effendi ini sempat di skor lima menit. Sebabnya, Anggota DPRD Rohil yang hadir tak memenuhi kuorum. 

Permintaan sidang diskor awalnya atas usulan Kerua Fraksi PAN  Amansyah SH. 

Ia juga mengusulkan agar absen kehadiran Rapat Paripurna agar disusun berdasarkan fraksi. Usulan Amansyah ternyata banyak mendapat dukungan dari Anggota DPRD Rohil. (amran)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER