Kanal

Ledi Asia Pemenang Duta Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru 2021

PEKANBARU, Riautribune.com – Grand Final Duta Lingkungan Kota Pekanbaru digelar di Prime Park Hotel Pekanbaru, Rabu (6/10) sore, berlangsung meriah. Sosok Ledi Asia, keluar menjadi pemenang Duta Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru tahun 2021.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Dr. H. Marzuki, S.E. p.Si, Pemilihan Duta Lingkungan Kota Pekanbaru sudah diselenggarakan sejak tahun 2015. Tujuannya untuk memilih generasi muda sebagai garda terdepan dalam menyuarakan isu lingkungan.

Dalam kegiatan Duta Lingkungan Hidup ini, akan dipilih 3 orang duta lingkungan hidup dengan 7 duta pendamping, yang akan bertugas berdampingan dengan DLHK selama 2 tahun.

Dijelaskan Marzuki, mereka yang terpilih pemenang pertama, runner up kedua dan ketiga, akan didapuk sebagai Duta Lingkungan Hidup, Duta 3R (Reduce, Reuce, Recycle), Duta Asri, Duta Langit Biru, Duta Peduli Air, Duta Kampung Iklim, Duta Bank Sampah dan Duta Kebersihan. 

Peserta duta lingkungan ini terdiri dari mahasiswa-mahasiswi Universitas yang ada di Kota Pekanbaru.

“Tujuan yang akan dicapai dari pelaksanaan duta lingkungan hidup ini adalah meningkatkan kepedulian generasi muda dalam perlindungan dan pengelolahan lingkungan hidup, mengembangkan dan menjaga budaya kearifan lokal dalam rangka pelestariaan fungsi lingkungan, memberikan dampak positif kepada generasi muda sebagai agen perubahan dalam pengelolahan lingkungan hidup, dan agar para generasi muda yang memiliki bakat dan potensi di bidang lingkungan hidup berhak mendapatkan pendidikan lingkungan hidup,” paparnya.

Marzuki menambahkan, harapan setelah terpilihnya duta lingkungan hidup tahun 2021 dapat membantu sebagai perpanjangan pemerintah dalam pelestarian lingkungan hidup dan kampanye tentang lingkungan hidup.

“Tahapan pemilihan duta lingkungan hidup, calon duta mengisi formulir yang sudah disediakan dengan melengkapi persyaratan yang ada pada pengumuman pemilihan. Kemudian, bagi peserta yang lulus seleksi akan memasuki tahap wawancara. Peserta yang lulus seleksi wawancara, akan masuk ke dalam tahapan seminar dan pelatihan setelah disebut sebagai finalis duta lingkungan hidup dengan jumlah finalis yang tersisa 20 orang,” katanya.

Marzuki juga menambahkan, tahap akhir adalah Grand Final pada hari ini di mana seluruh para finalis akan melakukan tahapan-tahapan penjurian hingga terpilih menjadi duta lingkungan hidup. (Dirga)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER