Kanal

Alami Gangguan Cholelithiasis, Budayawan Riau Datuk Al Azhar Dirawat di Ruang ICU

PEKANBARU, Riautribune.com - Beredar kabar bahwa sastrawan dan budayawan melayu yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau (MKA LAMR), Datuk Seri Al Azhar, yang akrab dipanggil Datuk, mengalami penurunan kondisi fisik diakibatkan Cholelithiasis atau yang awam dikenal dengan batu empedu.

Sebagai informasi, Cholelithiasis atau penyakit batu ginjal sering ditandai dengan dengan sakit perut mendadak akibat terbentuknya batu di dalam kantung empedu. Hal ini dapat diketahui lebih lanjut melalui pemeriksaan tim medis.

Kabar mengenai Datuk yang mengalami kondisi medis ini dibenarkan oleh salah satu pengurus LAM Riau, Syahril Abu Bakar. Melalui sambungan telepon pribadinya, Syahril menyampaikan bahwa saat ini Datuk dalam proses operasi pengangkatan batu ginjal di Rumah Sakit Awal Bros.

"Iya, Datuk saat ini dalam proses operasi, kondisinya memang lagi menurun. Kita mengharapkan doa dari teman-teman semua agar Datuk bisa pulih kembali," ujar Syahril kepada riautribune pada Rabu (6/10).

Ketika dimintai keterangan lebih lanjut, Syahril masih belum dapat memberikan info mendetil, mengingat saat proses operasi sedang berjalan."Nanti lah kita kasih keterangan lebih ya, karena Datuk lagi di operasi," tutur Syahril.

Sedangkan informasi yang didapat dari adik kandung Datuk, Alang Rizal, bahwa saat ini kondisi Datuk sudah di ruang pemulihan ICU Rumah Sakit Awal Bros Sudirman.

"Saat ini memang kondisinya lagi drop, dan ada penyakit lain yang belum kita tahu sampai hasil labor keluar. Tapi abang saya sudah di ICU setelah selesai operasi," ujar Alang.

Diketahui bahwa Datuk sudah mengalami rasa sakit di bagian perut sejak sebulan belakangan dan dirawat inap sejak seminggu terakhir. (Rey)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER