Kanal

Marquez Sempurna, Juarai MotoGP AS 2021

JAKARTA, Riautribune.com - Marc Marquez tampil nyaris tanpa cela di MotoGP Amerika Serikat 2021 yang mengantarnya meraih kemenangan kedua musim ini. Marquez jauh mengasapi Fabio Quartararo di posisi kedua dan Francesco Bagnaia di podium ketiga.
Marquez memulai balapan MotoGP AS 2021 di Circuit Of America, Senin (4/10), dari posisi tiga. Namun ketika masuk tikungan pertama dia sudah berhasil memimpin balapan.

Rider 27 tahun dari tim Repsol Honda itu melakukan start dengan sempurna. Dia melibas Francesco Bagnaia sang pemilik pole position dan Fabio Quartararo yang start kedua.

Setelah berhasil memimpin balapan, Marquez benar-benar tak terkejar oleh para pesaingnya. Bahkan sampai akhirnya menyentuh garis finis dengan catatan waktu 41 menit 41,435 detik dia sama sekali tak mendapatkan tekanan berarti dari lawan-lawannya.

Tak lama setelah berhasil merebut posisi paling depan, Marquez terlihat dengan sengaja melambatkan laju motornya pada lima lap pertama. Kondisi ini membuat dia jadi pemimpin rombongan terdepan yang terdiri dari tujuh rider.

Namun kondisi itu kemudian berubah. Marquez berhasil menjauhkan jaraknya dengan Quartararo di posisi kedua menjadi satu detik.

Dari lap 6 sampai 12 putaran berikutnya, Marquez menunjukkan kenapa dia sebelumnya berhasil enam kali jadi juara di MotoGP AS. Berturut-turut pada lap-lap tersebut dia mencatatkan waktu di kisaran dua menit dan empat detik. Sementara Quartararo hanya sesekali berhasil membuat catatan waktu serupa.

Ketika Marquez menjalani start dengan sempurna, Bagnaia justru mengalami nasib kurang baik. Berupaya meraih hat-trick kemenangan, rider Ducati itu justru langsung merosot ke posisi enam tak lama setelah start.

Juga harus menelan kekecewaan pada MotoGP AS 2021 ini adalah Jack Miller. Setelah tampil bagus di free practice namun tercecer ke posisi 10 di fase kualifikasi, Miller tampak kesulitan di awal-awal balapan.

Saat balapan tersisa delapan lap, Miller berhasil naik ke posisi empat. Namun tak lama berselang dia disalip secara beruntun oleh Alex Rins, Enea Bastianini, dan Joan Mir. Ini terjadi setelah Miller terlibat insiden dengan Mir di lap terakhir yang membuatnya melebar.

Meski hanya finis kedua, Quartararo layak sangat puas dengan hasil MotoGP AS. Tambahan 20 poin membuat dia kian dekat dengan gelar juara dunia MotoGP 2021. Dia bahkan bisa mengunci gelar tersebut pada balapan selanjutnya di MotoGP Italia, dua pekan dari sekarang.

Baca artikel detikoto, "Hasil MotoGP AS 2021: Marquez Sempurna, Marquez Juara!" selengkapnya https://oto.detik.com/otosport/d-5751516/hasil-motogp-as-2021-marquez-sempurna-marquez-juara.*

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER