Kanal

Sara Duterte-Carpio Hampir Sama dengan Ayahnya: Keras Kepala!

MANILA, Riautribune.com - Sosok Sara Duterte-Carpio jadi sorotan pasca disebut akan mencalonkan diri sebagai Presiden dalam bursa pemilihan umum Filipina pada 2022 mendatang. Ia disebut akan didampingi ajudan lama Duterte, Senator Christopher "Bong" Go sebagai calon wakil Presiden.

Lalu siapa dan bagaimana sebenarnya sosok Sara Duterte-Carpio? detikcom merangkum informasinya seperti dilansir ABC News berikut ini.

Sebelum memasuki dunia politik, Sara merupakan seorang pengacara. Kemudian ia menjabat sebagai wakil wali Kota Davao City.

Pada 2010, Sara naik jabatan menjadi Wali Kota Davao City, menggantikan sang ayah.

Jauh sebelum ayahnya menjabat sebagai Presiden Filipina, Sara Duterte-Carpio sudah disorot. Hal ini lantaran wali kota tersebut menghebohkan publik usai terungkap memukul seorang sheriff pengadilan di depan umum.

Saat itu, Sara mencoba untuk menunda pembongkaran daerah kumuh setempat. Sara disebut memukul pria itu berulang kali di wajah dan kepala.

Media Filipina memberikan julukan bagi Sara yaitu "the slugger". Julukan itu adalah semacam pengakuan bahwa dia sama bersemangat, keras kepala, dan kontroversial seperti ayahnya.

Dalam dua survei terpisah yang dirilis baru-baru ini, Sara Duterte-Carpio disebut sebagai orang yang paling ingin dilihat oleh masyarakat sebagai presiden Filipina berikutnya.

Dalam survei tersebut, nama Sara berada di atas kandidat potensial lainnya, termasuk mereka yang sama terkenalnya, seperti Ferdinand "Bongbong" Marcos, putra mantan presiden lainnya, dan petinju Manny Pacquiao.

Sara mengaku tidak berniat mengikuti pemilihan Presiden yang akan diadakan pada Mei 2022.

"Saya tidak malu-malu, saya juga tidak juga akan melakukan di menit terakhir," kata Sara sebelumnya.

"Jika seluruh negeri tidak mau mempercayai itu, maka saya tidak bisa berbuat apa-apa,"

"Tidak semua orang ingin menjadi presiden. Saya salah satunya." imbuhnya.*

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER