Kanal

Fumio Kishida Bakal PM Baru Jepang

JAKARTA, Riautribune.com - Mantan menteri luar negeri Jepang, Fumio Kishida, memenangkan pemilihan ketua partai berkuasa, Demokrat Liberal (LDP), pada Rabu (29/9).

Kemenangan ini hampir memastikan Kishida menjadi perdana menteri baru Jepang menggantikan Yoshihide Suga.

Dalam pidatonya usai pemilhan ketum LDP, Kishida berjanji akan melakukan transformasi pada partainya itu dan menggelar pemilihan umum dalam beberapa minggu ke dpan.

Kishida juga berjanji akan terus memerangi pandemi Covid-19 yang telah merusak perekonomian Jepang.

"Pemilihan pimpinan LDP telah berakhir. Mari kita smeua menghadapi pemilihan majelis rendah dan majelis tinggi sebagai satu kesatuan," kata Kishida seperti dikutip AFP.

"Krisis nasional terus berlanjut. Kita harus terus bekerja keras dalam penanggulangan virus corona dnegan tekad yang kuat, dan kita perlu menyusun paket stimulus puluhan triliun yen pada akhir tahun ini," paparnya menambahkan.

Kishida mengalahkan mantan menteri pertahanan Jepang, Taro Kono, dalam putaran kedua pemilihan ketum LDP hari ini. Dua pesaing wanita, Sanae Takaichi dan Seiko Noda, keluar usai kalah suara di putaran pertama pemilihan.

Sebelum pemilihan, Kono sempat digadang-gadang sebagai kandidat kuat ketum LDP dan perdana menteri.

Namun, hasil akhir putaran kedua memperlihatkan bahwa Kishida, politikus 64 tahun yang dikenal sifat lembutnya, memenangkan 257 suara. Sementara itu, Kono hanya meraup 170 suara.

Pemilihan ketum partai LDP dilakukan setelah PM Suga menyatakan tidak akan mencalonkan diri lagi untuk periode keduanya.

Pengganti Suga di kursi ketum LDP hampir dipastikan menjadi perdana menteri Jepang karena partai tersebut memiliki mayoritas suara di majelis rendah parlemen.

Kishida akan dikukuhkan sebagai perdana menteri baru Jepang dalam pemungutan suara di parlemen pada 4 Oktober nanti. Ia lantas akan memimpin LDP di pemilihan umum yang wajib digelar pada November mendatang.*

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER