Kanal

Negara-negara Asia Tengah Tak Mau Tampung Pengungsi Afghanistan

Nur-Sultan - Negara-negara Asia Tengah yang juga sekutu Rusia menyatakan tidak memiliki rencana untuk menampung pengungsi Afganistan di tengah krisis politik dan keamanan yang menyelimuti negara tersebut setelah Taliban berkuasa kembali.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (17/9/2021), hal tersebut disampaikan oleh negara-negara Asia Tengah yang menjadi anggota blok keamanan pimpinan Rusia, Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO), dalam pernyataan pada Kamis (16/9) waktu setempat.

CSTO beranggotakan tiga negara Asia Tengah seperti TajikistanKyrgyzstan dan Kazakhstan, juga sejumlah negara-negara bekas Soviet lainnya. Tajikistan diketahui berbagi perbatasan darat dengan Afghanistan.

Kepala negara anggota CSTO menggelar rapat di Tajikistan pada Kamis (16/9) waktu setempat. Dalam rapat tersebut, dinyatakan bahwa negara-negara anggota yang berlokasi dekat Afghanistan tidak berencana menampung pengungsi dari negara tersebut.

"Mendukung posisi bersama CSTO bahwa penempatan pengungsi Afghanistan atau pangkalan militer asing di wilayah negara kita tidak bisa diterima," tegas Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev, dalam pernyataannya.

Dua lagi negara Asia Tengah, yakni Uzbekistan dan Turkmenistan, juga berbatasan langsung dengan Afghanistan namun keduanya bukan anggota CSTO.

Otoritas Uzbekistan sebelumnya menyatakan hanya akan mengizinkan transit jangka pendek untuk pengungsi Afghanistan yang akan diterbangkan ke negara ketiga.(dtk)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER