Kanal

Rakyat Menjerit Ekonomi Sulit Akibat PPKM, Mahfud MD Malah Pamer Nonton Sinetron Ikatan Cinta

JAKARTA, Riautribune.com - Ditengah kerisauan warga terhadap peningkatan kasus Covid-19, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD malah asyik menonton Ikatan Cinta . Lewat Twitter pribadinya @mohmahfudmd, Kamis (15/7), mantan Ketua MK itu mengatakan sinetron ini asyik ditonton.

"PPKM memberi kesempatan kepada saya nonton serial sinetron Ikatan Cinta. Asyik juga sih, meski agak muter-muter. Tapi pemahaman hukum penulis cerita kurang pas," tutur Mahfud dikutip Jumat (16/7).

Mahfud pun memberikan catatan soal hukum pidana atas film yang dibintangi oleh Arya Saloka dan Amanda Manopo itu. Terutama ketika pemeran bernama Sarah langsung ditahan polisi karena mengaku melakukan pembunuhan. Padahal, sambung Mahfud, dalam hukum pidana pengakuan tak bisa dijadikan alat bukti yang kuat.

"Sarah yang mengaku dan minta dihukum karena membunuh Roy langsung ditahan. Padahal pengakuan dalam hukum pidana itu bukan bukti yang kuat," ungkap Mahfud.

Menurut Mahfud, pelaku sebenarnya bisa saja bukan orang yang hanya mengaku-ngaku saja. Jika hal demikian terjadi di dunia nyata, maka banyak yang rela membayar orang lain untuk mengaku melakukan tindak kejahatan, sementara pelaku sesungguhnya dapat bebas.

"Pembunuh Roy adl Elsa. Sarah, ibu Elsa, mengaku sebagai pembunuhnya dan minta dihukum demi melindungi Elsa. Lah, dalam hukum pidana tak sembarang orang mengaku lalu ditahan," tandasnya.

"Kalau begitu nanti banyak orang berbuat jahat lalu menyuruh (membayar) orang untuk mengaku, sehingga pelaku sebenarnya bebas," sambungnya.

Netizen ramai mengkritik unggahan Mahfud MD yang dinilai tidak peka sebagai pejabat publik dengan keadaan krisis saat ini.

"Sejenak tunda nonton 'ikatan cinta'. Lihatlah kisah nyata dalam banyak sebaran video sekitar PPKM. Wajah yang merintih akibat dagangannya diobrak-abrik aparat, air mata berlinang seorang ibu yg nafkahnya musnah. Ekspresi tak berdaya seorang ayah yg kehilangan mata pencaharian," cuit salah satu netizen dengan nama akun @maymarmas merespons unggahan Mahfud MD.

Netizen lainnya dengan nama akun @Dudamasakini bahkan menyarankan Mahfud MD nonton azab kubur alih-alih Ikatan Cinta.

"Saya sarankan nonton 'azab kubur' pa sama serial 'neraka yg bahan bakarnya adalah manusia'," kicaunya, seperti dikutip pikiranrakyat.com.

Sejumlah tokoh publik juga turut mengkritik kicauan Mahfud MD itu. Hingga berita ini ditulis, kicauan Mahfud MD soal Ikatan Cinta sudah mendapatkan retweet sebanyak 4.700 kali dan likes 4.166 kali.***

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER