Kanal

Menderita Tumor Langka, Remaja Ini Miliki 82 Gigi di Rahangnya

INDIA, Riautribune.com - Dr. Priyankar Singh dari unit maksilofasial, dengan bantuan Dr. Javed Iqbal, menyelesaikan operasi kompleks dalam tiga jam. Mereka telah mencabut 82 gigi dari rahang seorang remaja dari Bihar yang menderita tumor langka.

Nitish Kumar, 17, menderita odontoma kompleks, tumor rahang, selama lima tahun terakhir. Keparahan kondisinya membuat Nitish harus menjalani operasi untuk memperbaiki rahangnya, yang memiliki total 82 gigi dalam dua gumpalan besar. Itu 50 gigi lebih banyak dari yang dimiliki rata-rata orang dewasa.

Namun, kelegaan tidak datang semudah itu bagi remaja 17 tahun yang tidak bisa mendapatkan perawatan yang tepat selama bertahun-tahun. Untungnya, dia berkonsultasi dengan dokter di Institut Ilmu Kedokteran Indira Gandhi di Bihar dan bisa mendapatkan tanggal untuk operasinya.

Sebelum operasi, hasil scan mengungkapkan rahangnya bengkak parah dan wajahnya terdistorsi karena kelebihan gigi. Mereka juga menunjukkan kumpulan besar gigi di bagian bawah mulutnya.

Pengawas medis Institut Ilmu Kedokteran Indira Gandhi, Dr. Manish Mandal, mengatakan kondisi Nitish memburuk selama bertahun-tahun karena kurangnya perawatan.

Tahun lalu, seorang dokter India mencabut gigi berukuran 3,9 cm, yang diperkirakan akan memecahkan rekor 'gigi terpanjang di dunia'.

Pawan Bhavsar, seorang mahasiswa teknik berusia 20 tahun dari Madhya Pradesh, telah mengunjungi seorang dokter gigi di distrik Kargone setelah menderita sakit rahang yang terus-menerus, pembengkakan gusi, dan lecet di mulutnya. Setelah diagnosis cepat kondisi mulutnya, dokter gigi mencabut dua gigi Pawan yang menyebabkan semua rasa sakit.

Tapi yang lebih besar dari dua gigi itu tidak seperti apa pun yang pernah dilihatnya sebelumnya. Ini diukur 39mm (3,9 cm) dan diyakini memecahkan rekor Guinness World Record untuk gigi terbesar di dunia.***

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER