Kanal

Sharp Targetkan Penjualan Tumbuh 15 Persen Tahun 2016

JAKARTA-riautribune: Tahun 2015 menjadi tahun bersejarah bagi PT SHARP Electronics Indonesia (SEID). Tahun ini, SEID merayakan tepat 45 tahun kebersamaannya bersama konsumen setia SHARP di Indonesia. ”Menghasilkan produk-produk berkualitas terbaik adalah komitmen yang amat menantang, namun mengelola merek selama hampir setengah abad merupakan tantangan tersendiri bagi kami. Tak banyak merek yang mampu melampaui fase ini, mempertahankan kepercayaan konsumen Indonesia selama ini. Kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh konsumen, rekan-rekan media, serta para partner karena berkat dukungan merekalah kami dapat melangkah sejauh ini,” ungkap Fumihiro Irie selaku President Director SEID.Menjadi pelopor industri elektronik yang tumbuh dan berkembang bersama Indonesia selama lebih dari empat dasawarsa membuat langkah SEID kian matang dalam memahami kebutuhan konsumen tanah air. Diakui SEID, melemahnya kondisi ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2015 memberikan tantangan yang cukup berat bagi seluruh sektor industri, termasuk industri elektronik. SEID mencermati, lemahnya kondisi ini berimbas pada perubahan perilaku konsumen Indonesia. Meski kebutuhan akan produk-produk elektronik tetap ada, kini konsumen cenderung lebih cermat dan hemat dalam melakukan pembelian, alias bergeser dari impulsive buyer ke price-oriented consumer.

Namun demikian, menjelang tutup tahun ini, SEID mengaku tetap optimis menatap tahun 2016 dan telah memasang targetnya untuk tahun depan. ”Gencarnya pembangunan infrastruktur di Indonesia membuat kami menaruh harapan besar pada tahun 2016, kami berharap kondisi industri elektronik tanah air mampu terkerek minimal 10 persen. Dengan perbaikan kondisi ini, SEID juga optimis dapat meningkatkan penjualannya hingga mencapai performance 115 persen tahun depan,” ungkap Andry Adi Utomo selaku General Manager National Sales SEID.

Untuk mencapai target ini, SEID telah menyiapkan sejumlah strategi bisnis. SEID akan memperluas channel penjualannya dengan membuka lebih banyak lagi dealer, termasuk menggandeng lebih banyak lagi pasar online. ”Masing-masing channel penjualan tentu memiliki kekuatan masing-masing. Bisnis di pasar online pun kini semakin menjanjikan. Bagi beberapa segmen konsumen, toko online memberikan sejumlah kemudahan yang disukai konsumen di tengah-tengah turunnya daya beli masyarakat. Dari segi penjualan, beberapa tahun belakangan ini kami pun melihat pertumbuhan positif setiap bulannya, bahkan hingga lebih dari dua kali lipat,” jelas Andry.

Guna menambah daya saing di tahun 2016, SEID juga akan menggenjot berbagai produk baru berbasis produksi dalam negeri seperti lemari es, mesin cuci, dan LED TV ukuran menengah yang memiliki nilai tambah. Karena berbasis lokal, produk-produk ini pun akan mampu dijangkau konsumen dengan harga yang lebih kompetitif. Tak hanya itu, produk-produk tersebut juga akan dibenami oleh fitur-fitur local fit yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia berdasarkan hasil penelitian tim Research & Development SEID. Dengan demikian, produk-produk yang dipersembahkan SEID selalu mampu menjawab kebutuhan konsumen tanah air yang unik, yang tak dimiliki oleh konsumen-konsumen di negara lain. Misalnya saja, panel instruksi yang menggunakan bahasa Indonesia, desain bunga elegan pada pintu lemari es yang sangat digemari mayoritas konsumen perempuan Indonesia, fitur low voltage untuk mengatasi masalah tegangan listrik yang tidak stabil di sejumlah daerah, mesin cuci dengan filter penyaring khusus sehingga pakaian tak akan kuning akibat air tanah Indonesia yang kurang bersih, LED TV dengan kualitas suara menggelegar sehingga konsumen tak perlu membeli piranti penunjang, dan masih banyak lagi lainnya.

 “Selain itu, di tahun 2016 SEID akan terus memperkuat aktivitas branding dan mempertahankan positioning-nya sebagai produsen elektronik dengan jaringan servis pasca penjualan terluas hingga ke pelosok tanah air. SEID juga akan menggelar beragam kegiatan penjualan melalui pameran dengan mengangkat konsep Jepang di sejumlah wilayah di tanah air secara berkala demi mempertajam brand image Japan Quality,” pungkas Andry.

 Untuk merayakan hari jadinya yang ke-45 di Indonesia, tahun ini SEID menggelar festival keluarga bernuansa budaya Jepang sebagai ungkapan rasa terima kasih atas 45 tahun persahabatannya dengan masyarakat Indonesia, yaitu SHARP Tomodachi Matsuri. Dalam bahasa Jepang, Tomodachi berarti persahabatan dan Matsuri berarti festival. Acara ini diselenggarakan pada Sabtu, 12 Desember 2015 bertempat di Plaza Barat Senayan Jakarta mulai jam 10 pagi hingga jam 10 malam. SHARP Tomodachi Matsuri menyuguhkan berbagai hiburan yang mengangkat budaya Jepang, seperti pertunjukkan tarian Jepang Taiko, Yosakoi, dan Bon Odori. Selain itu, acara ini juga akan dimeriahkan oleh Ramen Battle, Cosplay Competition, Dance Competition, Interaktif Games, Cooking Demo, Parade Food Truck, serta yang paling ditunggu-tunggu adalah live performance dari JKT48. (rls/ ehm)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER