Kanal

Syafaruddin Poti Akan Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD Riau

PEKANBARU - riautribune : Setelah ditunjuk oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri pada Desember 2020, Ketua Fraksi PDIP DPRD Riau, Syafaruddin Poti dalam waktu dekat akan dilantik sebagai Wakil Ketua DPRD Riau.

 

Kepastian ini disampaikan oleh Sekretaris DPRD Riau, Muflihun kepada GoRiau.com usai menerima SK pengangkatan dari Mendagri. Dikatakan pria yang biasa disapa Uun ini, Poti akan dilantik pada hari Senin mendatang. DPRD Riau sendiri, lanjut Uun, sudah melakukan rapat Badan Musyawarah (Banmus) guna menetapkan jadwal pelantikan ini. "Iya. Senin depan akan dilantik," kata Uun, Rabu (10/2/2021).

 

Saat ini DPRD Riau, ujar Uun, sedang mempersiapkan segala persiapan yang berkaitan dengan pelantikan ini, terutama gladi resik yang akan dilaksanakan besok, Kamis (11/2/2021). Lebih jauh, Uun menambahkan, pelantikan ini tidak berbeda dengan pelantikan-pelantikan sebelumnya, dimana akan diberlakukan protokol kesehatan yang ketat, mengingat saat ini kasus Covid-19 belum berakhir.

 

"Karena covid belum usai, jadi pelantikan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dengan hanya kalangan terbataas yang mengikuti secara langsung pelantikan tersebut, dan sisanya menggunakan zoom," tuturnya. "Kita juga mengimbau agar tamu undangan menerapakan 3M, saat pelantikan, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," pungkasnya.

 

Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri akhirnya resmi menunjuk Ketua Fraksi PDIP DPRD Riau, Syafaruddin Poti sebagai Wakil Ketua DPRD Riau menggantikan Zukri yang mengundurkan diri karena maju di Pilkada Pelalawan. Hal tersebut tertuang dalam surat bernomor 2511/IN/DPP/XIII/2020, perihal pengesahan dan penetapan Wakil Ketua DPRD Riau tertanggal 18 Desember 2020.

 

Dalam surat itu, Megawati menyebut, keputusan ini merupakan jawaban dari surat DPD PDIP Riau tertanggal 26 November 2020 tentang permohonan pengisian kursi Wakil Ketua DPRD Riau. Keputusan ini juga sudah melalui hasil test wawancara kepada seluruh calon yang diusulkan oleh DPD PDIP Riau melalui zoom meeting pada tanggal 4 Desember 2020.

 

"Mengesahkan dan Menetapkan H Syafaruddin Poti, SH sebagai Wakil Ketua DPRD Riau periode 2019-2024 dari PDI Perjuangan," demikian bunyi surat yang bercetak tebal tersebut.

 

Dalam surat yang juga ditandatangani Sekjend PDIP, Hasto Kristiyanto itu, Megawati mengintruksikan kepada seluruh jajaran struktural partai dan seluruh Anggota DPRD Riau fraksi PDIP untuk mengajukan, mengamankan, dan memperjuangkan Legislator Dapil Rokan Hulu itu sebagai Wakil Ketua DPRD Riau.(grc)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER