Kanal

Tanda-tanda Jadwal MotoGP 2021 Berubah

MotoGP -- Jadwal balapan pertama MotoGP 2021 di MotoGP Qatar berpeluang berubah. Keputusan itu akan diambil dalam rapat tim-tim MotoGP yang berlangsung hari ini, Kamis (14/1). MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, 28 Maret mendatang, dijadwalkan menjadi seri pembuka balapan MotoGP 2021. Balapan berlangsung dua pekan setelah tes pramusim di Sirkuit Losail, 10-12 Maret mendatang.

 

Dikutip dari Motorsport, tim-tim MotoGP akan melakukan pertemuan dengan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) dan Dorna Sports untuk membahas perubahan jadwal MotoGP Qatar 2021.

 

Ada sejumlah opsi yang dipersiapkan. Opsi pertama tes pra-musim diundur hingga berjarak hanya satu pekan dengan balapan pertama MotoGP Qatar 2021. Opsi itu memungkinkan para pembalap, kru, dan ofisial tim bisa tetap di Qatar selama dua pekan dan menghindari kemungkinan larangan masuk negara tersebut karena pandemi virus corona.

 

Opsi kedua adalah memajukan jadwal MotoGP Qatar 2021 menjadi ke 21 Maret untuk mendekatkan jarak tes pra-musim di Sirkuit Losail. Dengan begitu. Opsi kedua bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, Dorna Sports akan menghindari head-to-head dengan seri pembuka F1 2021 di Sirkuit Internasional Bahrain pada 28 Maret mendatang.

 

Pembatalan tes pra-musim MotoGP 2021 di Sirkuit Sepang, Malaysia, bulan depan, membuat jadwal balapan musim ini menjadi tanda tanya. Kondisi pandemi virus corona yang belum mereda membuat MotoGP 2021 terancam kembali hanya berlangsung di Eropa.

Total ada 20 balapan yang semula diplot Dorna, namun MotoGP Ceko akhirnya mundur dari MotoGP 2021. Sementara itu MotoGP Indonesia di Mandalika, MotoGP Portugal, dan MotoGP Rusia masuk daftar cadangan.

Jadwal MotoGP 2021:

28 Maret MotoGP Qatar (Sirkuit Losail)
11 April MotoGP Argentina (Sirkuit Termas de Rio Hondo)
18 April MotoGP Amerika Serikat (Sirkuit Americas)
02 Mei MotoGP Spanyol (Sirkuit Jerez)
16 Mei MotoGP Prancis (Sirkuit Le Mans)
30 Mei MotoGP Italia (Sirkuit Mugello)
06 Juni MotoGP Catalunya (Sirkuit Barcelona)
20 Juni MotoGP Jerman (Sirkuit Sachsenring)
27 Juni MotoGP Belanda (Sirkuit Assen)
11 Juli MotoGP Finlandia (Sirkuit Kymiring)

*Antara MotoGP Finlandia dan MotoGP Austria direncanakan ada satu balapan

15 Agustus MotoGP Austria (Sirkuit Red Bull Ring)
29 Agustus MotoGP Inggris (Sirkuit Silverstone)
12 September MotoGP Aragon (Sirkuit Aragon)
19 September MotoGP San Marino (Sirkuit Misano)
03 Oktober MotoGP Jepang (Sirkuit Motegi)
10 Oktober MotoGP Thailand (Sirkuit Chang)
24 Oktober MotoGP Australia (Sirkuit Phillip Island)
31 Oktober MotoGP Malaysia (Sirkuit Sepang)
14 November MotoGP Valencia (Sirkuit Ricardo Tormo)(cnn)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER