Kanal

Antisipasi Banjir di Musim Hujan, Walikota Pimpin Apel Siaga

PEKANBARU-riautribune: Apel siaga merupakan ajang kordinasi dalam melakukan konsolidasi untuk menghindari kendala dalam menanggulangi banjir di Kota Pekanbaru, Rabu (2/12). Saat curah hujan meningkat sekarang ini di Provinsi Riau, melalui apel siaga ini, Pemko Pekanbaru beserta segenap jajaran, BPBD Damkar, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Sapol PP, camat untuk saling peka dalam mengantisipasi terjadinya kebanjiran.

Hal tersebut dikatakan Walikota Pekanbaru H. Firdaus, ST, MT saat menggelar apel siaga. Dalam apel siaga itu, Walikota Firdaus juga menegaskan semua komponen mulai dari TNI, Polri dan Lurah, serta mahasiswa harus memahami kondisi yang ada saat ini. "Yang terpenting, kita harus memahami banjir seperti apa dan dalam kondisi yang bagaimana lingkungan kita. Ini yang harus menjadi perhatian kita,"ujar Walikota Firdaus.

Walikota Firdaus juga menyampaikan, Pekanbaru memiliki dua tipelogi, daerahnya datar dan berawa. Dengan pertumbuhan pembangunan yang pesat, sistem penimbunan untuk meninggikan tanah akan menyebabkan perubahan tanah. Sebab itu, dengan perubahan ini bisa mempengarui tersumbatnya drainase. Untuk mengantisipasi ini, camat dan lurah, sampai ke RT dan RW serta tokoh masyarakat dan pemuda harus menjaga di setiap wilayahnya.

Kemudaian tipe kedua, antisipasi banjir di bantaran Sungai Siak, baik akibat pasang surut dengan volume hujan yang tinggi bertemu debit air di Pekanbaru. Itulah yang membuat kota banjir, maka pengendalian banjir dibantaran sungai kita harus menggunakan pompa. Karenanya, apabila pompa tidak mampu, maka Pemko Pekanbaru harus cepat dalam mengantisipasi dampak banjir tersebut.

Dalam apel siaga itu dihadiri jajaran Muspida Kota Pekanbaru, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Riau, Sekdako Pekanbaru, kepala badan, kepala dinas serta para camat, lurah se-Pekanbaru. Walikota Firdaus berharap agar seluruh stakholder selalu siaga dalam menjaga dan memperhatikan lingkungan disekitarnya agar tercipta masyarakat yang sehat dan sejahtera. (adv/hms-pku/ehm)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER