Kanal

AHY: Kemenangan Joe Biden Buka Peluang Bagi Indonesia Sebagai Pemain Kunci

JAKARTA - riautribune : Kemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS diharapkan akan membawa perubahan yang lebih baik dalam perpolitikan AS dengan negara-negara lain. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pun menyambut baik terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) yang baru.

 

AHY menilai Biden akan membawa harapan dan perubahan baru yang akan berdampak terhadap arah geo-ekonomi, geo-politik dan stabilitas keamanan internasional. Hal itu ia sampaikan saat membuka acara Webinar Nasional yang diselenggarakan DPP Partai Demokrat pada Jumat (18/12) malam.  

"Kami berharap perubahan kepemimpinan AS ini menjadi peluang bagi Indonesia untuk tingkatkan hubungan bilateral, kemitraan, dan kerja sama strategis dengan AS," ujar AHY, yang juga ia tuliskan dalam akun media sosialnya. 
Kerja sama strategis itu termasuk di antaranya adalah upaya penanganan Covid-19 dan krisis ekonomi global. "Juga soal isu HAM, demokrasi, hubungan Islam dan Barat, serta perubahan iklim dan pertahanan," katanya.


Menurutnya, apa yang terjadi di AS hampir pasti akan mempengaruhi dunia, termasuk Indonesia. "Kepemimpinan Presiden Joe Biden kita harapkan dapat membuka peluang bagi Indonesia untuk kembali meningkatkan perannya, sebagai salah satu key player dalam dinamika politik global di masa mendatang," ujar AHY.

 

Webinar yang menyoroti pengaruh kemenangan Joe Biden bagi Indonesia itu dihadiri oleh Dino Patti Djalal, Connie R. Bakrie dan Anggota FPD DPR RI Didi Irawadi Syamsudin.(rmol)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER