Kanal

Himpunan Keselamatan Transportasi Masyarakat Dideklarasikan

PEKANBARU - riautribune : Bertempat di Kodai Kopi Bakayu Kamis (1/10/20) hadir beberapa kalangan yang terdiri dari akademisi, pakar transportasi, pelaku Usaha transportasi, jurnalis berkumpul untuk mendeklarasikan berdirinya Himpunan Keselamatan Transportasi Masyarakat disingkat (HIKATAMA).

Tujuan dari organisasi ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap kesadaran tentang pentingnya Keselamatan Lalu Lintas mengingat angka kecelakaan Lalu Lintas masih tinggi. Sedangkan upaya edukasi terhadap masyarakat dirasakan belum optimal. Sedangkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan masyarakat juga diberikan peranan untuk turut serta berpartisipasi dalam keselamatan berlalu lintas.

Sebelum deklarasi HIKAMATA ini sudah ada Group Whatsappnya dan dari hasil diskusi anggota group yang memiliki latar belakang profesi memiliki persepsi yang sama. Forum Whatsapp ini diwujudkan didunia nyata hingga disepakati pada hari ini bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila HIKATAMA di Deklarasikan dan terbentuk Tim 10 orang.

Yakni dengan susunan sebagai berikut Ketua H. OK. Azrial AR, SH, MH, Wakil Ketua : Dr. Ikhsan, Budi Chandra, SH, MH, Sekretaris : Harmaini, S.Tr, MT, Wakil Sekretaris : Rian Permana, A.Ma, PKB, Bendahara : Yosi Alwinda, ST dan beberapa Anggota Tim 10 ini yang akan menyusun AD/ART menyusun Kepengurusan untuk pertama kali dan mendaftarkan legalitas organisasi.

Ditemui usai deklarasi Indrawansyah Nong, SE, M.Si Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Riau mengapresiasi gagasan dari beberapa kalangan untuk mendeklarasikan komunitas ini. Menurut Indrawansyah, tingkat Kecelakaan lalu lintas dijalan raya masih tinggi, tentu hal ini ada korelasinya dengan tingkat kesadaran terhadap keselamatan berlalu lintas.

Apa lagi, menurut pria yang juga Sekjen Ikatan Putera Pekanbaru ini menambahkan bahwa setelah tol Pekanbsru-Dumai (Permai) diresmikan Presiden Joko Widodo, kedepan Operasional Roro Dumai - Melaka juga akan digesa.

"Kita masyarakat Riau harus siap untuk meningkatkan kapasitas masyarakat Riau agar pemahaman terhadap keselamatan berlalu lintas bisa setara dengan masyarakat Singapura dan Malaysia. Sehingga ketika Roro Dumai - Melaka berfungsi dan pada akhirnya kendaraan bisa melintas masuk Riau terjamin keselamatannya selama berkendara di Riau," papar Indra.

Begitu juga masyarakat Riau yang berkendara ke Malaysia bisa menyesuaikan dengan ketentuan yang ada, diharapkan peran dari HIKATAMA mampu mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan Masyarakat Riau terhadap tertib berkendara dan sadar akan pentingnya keselamatan berlalu lintas disamping target utama lainnya.

Yaitu menurunkan tingkat Kecelakaan Lalu Lintas di Provinsi Riau. Setelah itu acara ditutup dengan Deklarasi dan photo bersama.***(rls)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER