Kanal

Tahun 2016 Gedung DPRD Riau Mulai Dibangun

PEKANBARU-riautribune: Tahun 2016, rencananya Gedung DPRD Riau mulai dibangun. Pasalnya, anggaran untuk pembangunan tersebut sudah dianggarkan dalam APBD murni sebesar Rp55 miliar. Anggaran ini berlaku untuk satu tahun anggaran. Selai itu, anggaran tersebut merupakan anggaran awal. Jika anggarannya tidak cukup maka boleh ditambah tahun depan lagi sampai pembangunan gedung selesai.

"Saya belum tau secara pasti. Apakah gedung ini dibangun baru atau direnovasi. Pasalnya saya belum melihat Rincian Kegiatan Anggaran (RKA)-nya. Meski demikian, kita sudah memasukkan anggaran awal untuk pembangunan gedung baru gedung ini," kata Sekretaris Komisi D DPRD Riau, Asri Ausar (24/11).

Menurut Asri, pembangunan baru sudah layak dilakukan. Pasalnya ruangan yang ada sudah menyempit sejak bertambahnya jumlah anggota dewan dari 55 orang menjadi 65 orang. Serta bertambahnya fraksi dari empat menjadi lima fraksi.

Bisa dilihat, ruangan Ketua DPRD sudah pindah dari lantai dua ke lantai satu. Kemudian ruangan Sekwan dari lantai satu naik ke lantai dua digedung sekretariat. Intinya ruangan ini juga tidak cukup untuk mengakomodir kinerja dewan maupun sekretariat.

Sementara terkait penilaian layak atau tidak layak, memang diserahkan kepada masyarakat. Namun kenyataannya memang gedung yang diresmikan sekitar tahun 2003 ini sudah pantas diperbaharui dan dibangun baru. "Memang setiap pembangunan itu ada pro dan kontra. Namun kenyataannya gedung ini menurut saya sudah layak dibangun. Karena ruangan sudah menyempit dan kurang. Sehingga kurang menunjang kinerja dewan dan
sekretariat dewan," ujar Asri. (iin)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER