Kanal

Sebelum Pelantikan, PWI Gelar Pelatihan Jurnalistik

RENGAT-riautribune: Sebelum pelantikan pengurus PWI Inhu periode 2014-2017, PWI menggelar pelatihan jurnalistik kepada PNS di lingkungan Pemkab Inhu, Selasa (17/11). Pelatihan digelar di Aula Kantor Badan Perencana Pembangunan dan Peneliti Pembangunan (Bappeda Litbang) Jalan Lintas Timur Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat dengan pembicara Ketua PWI Riau H. Deni dan Sekretaris, Eka Putra.

Kegiatan tersebut dibuka Staff Ahli Bupati Bidang SDM, Jasmadi Yus, mewakili Pj. Bupati H. Kasiaruddin didampingi Kabag Humas Setdakab, Jawalter MPd, dan perwakilan FKPD. Ketua Panitia Pelaksana Asripiliadi dalam laporannya mengatakan,  pelatihan jurnalistik merupakan agenda Pra Pelantikan Pengurus PWI Cabang Kabupaten Inhu. "Pelatihan jurnalistik ini diikuti lebih kurang seratus orang," singkatnya.

Sementara itu Ketua PWI Inhu Kasmedi, SAg mengatakan, pelatihan jurnalistik tersebut sebagai tindak lanjut dari keberhasilan Bagian Humas Setda Inhu dalam meraih prestasi sebagai humas terbaik kedua secara nasional. Selanjutnya Ketua PWI Riau H. Deni Kurnia kepada peserta pelatihan mengingatkan usia PWI sudah mencapai 70 tahun dan menjadi organisasi wartawan tertua di Indonesia.

Wartawan dan PWI, kata Deni, didirikan berdasarkan Undang-undang, oleh tokoh-tokoh pers nasional. Deni tidak menampik bahwa dari 27 organisasi wartawan yang terdaftar di Dewan Pers Nasional, hanya tiga organisasi saja yang lulus verifikasi secara nasional, yakni, PWI, AJI dan IJTI. Karena itu, tambah Deni, dia menghimbau agar wartawan yang ada di Inhu bergabung dengan organisasi wartawan yang sudah lulus verifikasi.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Jasmadi Yus mengilustrasikan penguasaan  informasi akan menguasai dunia. Bagi mereka yang mengendalikan informasi, kata Jasmadi, dialah orang yang akan mengendalikan dunia. Menurut Jasmadi, ungkapan itu tidaklah berlebihan karena makin meningkatnya teknologi  telekomunikasi. (san)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER