Kanal

Siswa SMA Interaktif Soal Pemilu Bersama Nugroho Komisioner KPU Riau

PEKANBARU-riautribune: Jujur,amanah, tegas, merakyat, dan peduli adalah kriteria calon pemimpin yang diidamkan oleh siswa SMA 1 Pekanbaru pada pemilih 17 April mendatang. Hal ini diungkapkan oleh perwakilan siswa Wan Yonella, ketika ditanyai apa yang menjadi harapan mereka kepada calon pemimpin yang akan mereka pilih pada Pemilu bulan depan.
  Ungkapan itu terucap oleh siswa-siswi SMA 1 Pekanbaru, saat mengikuti dialoge dan sosialisasi pelaksanaan pemilu dan ayo memilih bagi kaum pemula serta melenial yang digelar oleh komisi pemilihan Umum Provinsi Riau, dan dihadiri oleh salah seorang komisioner Nugroho Noto Susanto SIP, Kamis (24/3) di Aula SMA 1 Pekanbaru.
  Dialog yang direncakan berlangsung selama dua jam itupun terlihat larut bahkan terlaksana secara interaktif, betapa tidak siswa SMA yang merupakan pemilih pemula inipun menggunakan sesi dialog sebagai wadah curhat keinginan mereka dalam memilih calon presiden, calon legislatif dan calon perwakilan daerah.
  "Bang Nugi, bagaimana seharusnya kami akan memilih sementara kami belum banyak mengenal siapa saja caleg-caleg yang akan maju pada pemilu nanti. Untuk soal presiden kami hafal lah, dan biarlah kami yang menentukan pilihan dibilik suara,"Ucap Adam sambil diirinya riauh tepuk tangan siswa lainnya.
  Melanjutkan sosialisasi dan diskusinya bersama siswa, Nugroho menuturkan bahwa sebagai pemilih milenial, siswa SMA 1 Pekanbaru bisa melihat siapa saja caleg yang akan bertarung di Pemilu mendatang, dari website KPU Riau, dan juga bisa melihat jejak rekam mereka melalui pemberitaan yang ada.
  "Bahkan saya juga mengajurkan siswa, jangan lupa membuka web lindungi hak pilih mu, karena disini kita bisa tahu, apakah sudah masuk dalam daftar pemilih atau belum.Jadi tunggu apa lagi, negara kuat rakyat berdaulat,"Ucap Nugro disambut tepuk riuh siswa SMA 1 Pekanbaru. 

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau terus melakukan sosialisasi untuk peningkatan partisipasi pemilih. Kegiatan ini adalah salah satu wadah untuk mensosialisasi pendidikan pemilih pemula di SMA Negeri 1 Pekanbaru.

Hadir dari KPU Komisioner Divisi Sosialisasi dan kampanye Nugroho Noto Susanto dan juga sejumlah tenaga pengajar dan ratusan siswa - siswi pemilih pemula.

"Wadah ini kami gunakan adalah, bagaimana agar siswa dan siswi paham apa tujuan dari 17 April (pemilu), karena disini sudah berusia 17 tahun. Dan alhamdulillah sambutan adek-adek sahabat KPU Riau yang ada di SMA 1 Pekanbaru ini cukup antusias, mulai dari pertanyaan yang mereka lontarkan, hingga respon. Walhasil waktu dua sampai tiga jam yang kami gunakan untuk sosialisasi ini terasa tidak maksimal, bahkan saya menawarkan jika ada pertanyaan lagi, silahkan main-main ke KPU Riau dan kita diskusi kembali"ujar Nugroho Noto Susanto.

Nugroho juga menjelaskan satu persatu kertas yang akan dicoblos pada Pemilu mendatang.

Sebagaimana diketahui sosialisasi ini merupakan kesekian kalinya dilakukan setelah sebelum - sebelumnya juga dilaksanakan di Kampus dan masyarakat. (RLS)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER