Kanal

Menkominfo Buka Indonesia Digital Media Conference

PEKANBARU-riautribune: Bertempat di Perpustakaan Nasional, Kebon Sirih, Jakarta Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2019.

Kegiatan yang digelar Jumat dan Sabtu (1-2/3/2019) tersebut dibuka Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara. Usai dibuka digelar Indonesia Digital Media Conference.

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut dalam pidato sambutannya menyebutkan, Rakernas akan lebih menitik-beratkan pemahaman pengelola digital media terhadap potensi bisnis ditengah tantangan dan keterbukaan persaingan.

"Pesaingan digital media tidak sekedar dengan sesama media, tapi juga pengusaha platform yang sekarang juga ramai menyediakan konten. Karena itu, jika tidak dipahami strategi bisnis media, maka masa depan para anggota AMSI bisa terancam," ujarnya.

Sementara Menkominfo Rudiantara secara global membenarkan kekhawatiran Wenseslaus Manggut, bahwa digital media yang sekarang mengglobal sangat terbuka. Bukan karena kemajuan teknologi, melainkan perubahan pola pikir. Masyarakat sekarang pasti memilih segala yang lebih mudah.

"Misalnya untuk tiket pesawat, tidak ada lagi yang beli tiket di agen travel secara manual. Cukup beli secara online," paparnya. Rudiantara juga menegaskan kebijakan pemerintah sangat mendukung percepatan penyediaan jaringan internet berkapasitas tinggi.

Pembangunan jaringannya dibangun sampai kawasan-kawasan perbatasan negara. Seperti di perairan Natuna dan Anambas. Kawasan Laut Natuna Utara. Secara agenda, pada hari pertama, seluruhnya diisi diskusi dengan sejumlah praktisi dan pakar media digital.

Tampil sebagai pembicara, seperti Pemimpin Redaksi Harian Kompas Ninuk Mardiana Pambudy, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Rhenald Kasali dan sejumlah pembicara kapabel lainnya.

Sementara pada hari kedua sepenuhnya untuk membahas program kerja AMSI 2019. Rakernas akan diikuti 16 pengurus wilayah dari seluruh Indonesia dan juga para pengurus wilayah dan koordinator wilayah.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER