Kanal

Disdik Pekanbaru Sosialisasikan USBN 2018/2019 Tingkat SD/MI

PEKANBARU   - Sekitar 300-an Kepala sekolah tingkat SD/MI se-kota Pekanbaru, mengikuti sosialisasi Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan pemahaman Kepala sekolah dalam pelaksanaan POS USBN di sekolah masing-masing. 
 
Hàl itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kota Pekanbaru Drs H Abdul Jamal MPd melalui Kasi Kurikulum Bidang SD/MI Syakban Siregar MPd didampingi Kasi Ketenagaan Yurnadi pada acara sosialisasi di aula Disdik Pekanbaru, Kamis (28/02/19).
 
"Iya, sosialisasi USBN yang kita lakukan hari ini agar Kepala sekolah memahami pelaksanaan POS USBN yang akan dilaksanaakan pada bulan April 2019 mendatang di masing-masing sekolah", ucapnya.
 
Menurut Syakban ada 16 poin yang menjadi acuan dalam POS pelaksanaan USBN 2018/2019. Yakni, membentuk panitia pelaksana USBN, melakukan sosialisasi USBN, menerima kisi-kisi indikator soal dari KKG/MGMP, mengkoordinasi penyusunan dan perakitan soal USBN, mengatur ruang USBN, menetapkan pengawas ruang USBN, menentukan kriteria kelulusan siswa dari sekolah, mengamankan master soal beserta kelengkapannya, mencetak kartu peserta USBN, menggandakan naskah soal USBN berikut kelengkapannya sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.
 
Kemudian menyiapkan sarana pendukung USBN, melaksanakan USBN sesuai POS USBN,melakukan pemeriksaan lembar jawaban peserta USBN, menerbitkan, menandatangani, dan membagikan hasil USBN kepada peserta USBN.
 
Untuk SILN tambah Syakban, menetapkan hasil USBN serta menyampaikan laporan pelaksanaan ke Atase Pendidikan dan Kebudayaan atau Konsulat Jenderal Sosial Budaya, mengirimkan hasil USBN ke Kementerian melalui Dapodik, Dapodikmas, atau EMIS. 
 
Syakban menjelaskan, untuk tahun ajaran 2018/2019 ini peserta didik di kota Pekanbaru yang ikut USBN sebanyak 19.785 murid. Terdiri dari 10.189 laki-laki dan 9.596 perempuan.
 
Sedangkan pengumuman lulus tanggal 12 Juni 2019. Ia berharap USBN yang akan digelar selama 3 hari tersebut (22 s/d 24 April, red) berlangsung kondusif dan lulus 100 persen, imbuhnya. (Ra)
Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER