Kanal

Dewan Minta Dilakukan Pemilihan Dirut BUMD Baru

PEKANBARU-riautribune: Ketua Komisi C DPRD Riau, Aherson, meminta Plt. Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman segera melakukan pemilihan Dirut BUMD yang baru secara definitif. Pasalnya, beberapa BUMD yang ada masih berstatus Pelaksana Tugas (Plt).

Pemilihan Dirut baru, menurut Aherson harus melalui fit and proper test. Supaya Dirut terpilih benar benar orang berkualitas dan ahli dibidangnya. Sehingga bisa mengembangkan serta meninkatkan deviden BUMD untuk pendapatan Asli Daerah (PAD). "Kita memiki sekitar 7 BUMD. Beberapa Dirut BUMD masih berstatus Plt. dan Dirut lama. Bagi yang berstatus Plt, tidak memiliki wewenang penuh menjalankan tugas. Sedangkan dirut lama sudah dua periode dan harus diganti, kecuali berprestasi dalam tugasnya," kata Aherson, Rabu (3/11).

Aherson mengaku, bahwa Plt. Gubri telah berjanji untuk mengikutsertakan dewan menjadi panitia fit and proper test. Di sini, dewan pasti akan menseleksi calon dengan sebaik mungkin. Ini agar tidak ada unsur Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN) oleh pejabat kepala daerah.

Selama ini, setiap pergantian Dirut, selalu meninggalkan masalah. Misalnya, manajemen keuangan tidak rapi, hutang maupun keuntungan tak jelas. Sehingga hal yang buruk itu tetap berlalu sampai ke pemimpinan Dirut baru sekarang.

Namun sebelum serah terima Dirut baru, dewan pasti akan meminta laporan keuangan, audit manajemen dan aset yang ditinggalkan kepada Dirut lama, kemudian diserahkan ke dirut baru. Dengan laporan bersih dan rapi, maka Dirut baru akan bekerja fokus kedepan, tanpa memikirkan permasalahan kebelakang.

Tetapi jika serah terima jabatan tanpa laporan yang bersih, auditor sangat sulit melakukan pengauditan Dirut lama. Salah satu kendalanya, Dirut lama sudah bekerja di tempat lain, sehingga susah diperiksa. Manajemen sudah diobrak abrik Dirut baru, maka sulit untuk diaudit, dan lain sebagainya.

"Mudah mudahan, pada pemilihan dirut baru nanti, Pemprov tidak bersikap abu-abu seperti dulu. Ini agar visi misi dan tujuan BUMD bisa tercapai ke depan," jelas Aherson. (iin)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER