Kanal

Universitas Riau Tuan Rumah Seminar Nasional Fisika

PEKANBARU-riautribune: Ratusan perserta dari berbagai perguruan tinggi hadir meramaikan seminar nasional Fisika Universitas Riau yang bertajuk Fisika dan aplikasinya. Acara yang diketuai oleh Prof.Dr Saktioto dan dibuka langsung secara resmi oleh Sekretaris LPPM Universitas Riau Prof.Dr.Syaiful Bahri,Sabtu (30/9) di Mutiara Merdeka Hotel Pekanbaru.
  Dalam sambutannya Prof Syaiful Bahri kepada Koran Riau menuturkan bahwa melalui event seminar nasional ini hendaknya menjadi wadah pertemuan para peneliti, dosen dan pakar keilmuan untuk membahas isu-isu terbaru, khususnya pada event ini perihal tema fisika dan kemajuannya, serta kontribusi terhadap pembangunan daerah.
  "Yang penting diingat, dalam sebuah penyelenggaraan seminar, harus ada entry poin nya, apakah melalui wadah ini para peneliti bisa menampilkan karyanya, lahirnya gagasan-gagasan tersebut untuk mengisi ruang jurnal terakrediasi, hingga bisa bertemu dengan akademisi dan peneliti dari berbagai universitas, ada pertukaran ide dan info terbaru,"ucap Syaiful kepada wartawan disela-sela acara.
  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) sebuah lembaga yang memayungi aktifitas penelitian para dosen di Universitas Riau, Kata Syaiful, siap mensupport dan berkolaborasi untuk setiap agenda seminar yang telah dirancang oleh jurusan maupun fakultas yang ada di Universitas Riau.
  "Spirit kita tetap bagaimana Universitas Riset ini terus memperdalam kualitasnya, meskipun shareng budged atas agenda seminar nasional dan internasional, LPPM siap terus mengaplikasikannya,"ucap Syaiful Bahri.
  Pada kesempatan berbeda, Prof Saktioto sebagai ketua Penyelenggara menuturkan dinamika dunia glonal berubah banyak sejak revolusi di Inggris yang ditandai oleh mesinisasi alat-alat manufaktur  pada abat ke 18. Itulah revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan digitalisasi semua bidang. Transfer dan penyebarluasan ilmu pengetahuan sangat penting di dunia akademis maupun masyarakat luas pada abat 21,"
  "Seminar Fisika ketiga ini adalah media diskusi dan pertemuan ilmiah antar teori, ideal, praktisi bidang fisika dan aplikasinya. Pertemuan ini diharapkan dapat menjadi ajang pertukaran informasi untuk menjalin kerjasama guna mempercepat pengembangan ilmu fisika dan penerapannya. Pengembangan ilmu fisika bahkan telah menyentuh hampir seluruh sendi kehidupan, dengan harapan pengembangan tersebut dapat meningkatkan teknologi dan penerapannya yang bermuara pada terwujudnya kejayaan anak negeri Riau dan kemakmuran sumber daya bangsa Indonesia umumnya.,"Ucapnya.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER