Kanal

Barcelona Juara Usai Kalahkan Sevilla

Tangier - Barcelona meraih trofi pertamanya di musim ini pada ajang Piala Super Spanyol. Blaugrana menumbangkan Sevilla secara dramatis dengan skor ketat 2-1.

Bermain di Stade de Tanger, Tangier, Maroko, Senin (13/8/2018) dinihari WIB, Barcelona tertinggal lebih dulu melalui gol yang dibuat Pablo Sarabia ketika pertandingan baru berjalan sembilan menit.

Barca harus menunggu hingga menit 42 untuk menyamakan kedudukan. Skor berubah jadi 1-1 setelah Gerard Pique menjebol gawang lawan. Gol Ousmane Dembele di menit 78 membalikkan keadaan dan membuat Barca balik unggul.
 

Pada periode injury time Sevilla dapat kesempatan emas kembali menyamakan kedudukan setelah dapat penalti. Namun eksekusi Wissam Ben Yedder gagal menjadi gol karena berhasil dihalau Ter Stegen.

Jalannya Pertandingan

Barcelona tidak menurunkan kekuatan terbaiknya, tidak ada Ivan Rakitic dan Philippe Countinho dalam daftar starting line up. Sementara pemain baru yang dibeli di bursa transfer musim panas, Arthur dan Clement Lenglet, dapat kesempatan jadi starter.

Di menit-menit awal laga Barcelona mencoba mendominasi laga dengan memainkan tempo permainan. Tapi justru Sevilla bisa mencuri gol lebih dulu saat pertandingan baru berjalan sembilan menit.

Menusuk dari tengah lapangan, Luis Muriel mengirim bola pada Sarabia yang tak terkawal di sisi kanan. Tembakan Sarabia menjebol gawang Ter Stegenn dan memberi Sevilla gol pembuka. Sevilla unggul 1-0 melalui peluang pertama dan tembakan pertama yang mereka punya.
 

Peluang pertama Barcelona menyamakan kedudukan tercipta saat sepakan Lionel Messi dari dalam kotak penalti masih bisa dihalau kiper. Sementara kerjasama Lionel Messi dan Luis Suarez tak membuahkan hasil apa-apa di menit 24. Sepakan Suarez terlalu lemah sehingga bisa diantisipasi dengan mudah oleh kiper Vaclik.


Empat menit berselang Lenglet nyaris mencetak gol ke mantan klubnya, tandukan yang dia lepaskan untuk menyambar crossing Messi masih tipis di atas sasaran.

Tekanan demi tekanan yang dilancarkan Barcelona akhirnya memberikan hasil saat babak pertama tersisa tiga menit. Tendangan bebas Messi dari luar kotak penalti membentur tiang dan kembali ke lapangan, Pique dengan sigap menyambarnya dan memasukkan ke gawang.

Pada awal babak kedua Ernesto Valverde menarik keluar Rafinha dan memasukkan Ivan Rakitic. Itu dilanjutkan dengan memainkan Philippe Coutinho dan menarik Arthur.
 

Peluang bersih pertama yang dipunya Barcelona di babak kedua ini adalah saat tembakan bebas Messi membuat kiper Vaclik berjibaku mengamankan gawangnya. Sevilla membalas tak lama berselang. Tendangan bebas Banego berhasil dibelokkan oleh Vasquez menggunakan kepalanya, tapi bola masih gagal masuk ke gawang.


Di menit 77 Vaclik melakukan penyelamatan gemilang saat secara beruntun menghalau sepakan Coutinho yang diikuti rebound dari Messi. Tapi sekitar satu menit setelahnya, gawang Sevilla akhirnya jebol untuk kali kedua.

Dari luar kotak penalti Dembele melepakan tendangan keras dengan kaki kanannya. Bola lebih dulu membentur mistar gawang untuk kemudian memantul masuk. Skor berubah jadi 2-1.

Memasuki periode injury time, Sevilla punya kesempatan menyamakan kedudukan setelah wasit memberi penalti. Hukuman tersebut diberikan setelah Ter Stegen dianggap melanggar pemain Sevilla. Tapi Wisam Ben Yadder gagal memaksimalkan kans yang ada. Tembakannya bisa diantisipasi Ter Stegen. (dtk)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER