Kanal

Diskes Pekanbaru Siapkan Personel di Posko Mudik

PEKANBARU - Riautribune:Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru akan menurunkan 8 orang personel yang terdiri dari dokter, tenaga medis dan supir untuk satu posko mudik lebaran. Selain itu posko pengamanan libur lebaran ada 3 pos, sedangkan pos pelayanan ada dua pos.

 

Artinya dengan ada lima pos tersebut ada 40 personil kesehatan yang diturunkan. Plt Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih mengatakan tenaga kesehatan ini dibagi dua shift untuk satu posko.

 

Dimana 4 personel kesehatan untuk satu shift. Dimana lokasi pos pengamanan diantaranya Pos Pam Ramayana, Purna MTQ dan Simpang Garuda Sakti. Sedangkan Pos Pelayanan terletak di Sungai Duku dan Terminal Akap.

 

"Seperti biasanya kita dari Diskes saling berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan pihak kepolisian di posko pengamanan dan pos pelayanan lebaran untuk memberikan pelayanan dan pertolongan kepada para pemudik lebaran.

 

Dimana dalam hal ini, kita telah menyiapkan sebanyak 40 personel tenaga kesehatan yang akan diterjunkan untuk melayani kesehatan para pemudik lebaran nantinya," kata Zaini, Jumat (8/6/2018).

 

Dikatakannya, nantinya di tiap titik pospam dan posyan tersebut, akan diisi oleh empat personil tenaga kesehatan. Mereka akan memulai bertugas dari H-7 sampai H+7, pasca lebaran.

 

Posko kesehatan ini sendiri fungsinya hanya sebagai posko pertolongan pertama saja bila terjadi kecelakaan di wilayah tersebut. Serta untuk memberikan pertolongan jika para pemudik mengalami kelelahan dan butuh vitamin untuk stamina tubuh.

 

"Jadi bukan semata-mata posko bisa menanggulangi semuanya, karena jika tergolong berat, maka tetap rujukannya adalah ke Rumah Sakit terdekat," pungkasnya. (ckc)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER