Kanal

Senator Riau Sesalkan Pemerintah Minta Bantuan Negara Lain

JAKARTA-riautribune: Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menilai penangangan masalah kebakaran hutan dan dampaknya kabut asap secara teknis sudah sesuai. Hanya saja, wibawa negara turun dengan keputusan mengajukan bantuan pada negara lain. Namun, masalah kebakaran hutan dan kabut asap memang belum kunjung terselesaikan dengan baik.

Masih banyak titik kebakaran dan sejumlah daerah yang terliputi oleh asap. Sehingga diperlukan pemahaman bahwa masalah tersebut merupakan permasalahan kenegaraan. Dengan begitu, pemerintah bisa mengeluarkan segala potensi yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah dan memegang kewibawaan. "Masa asap saja minta bantuan," kata anggota DPD, Abdul Gafar Usman sebagaimana dilansir Republika.co.id, Ahad (18/10).

Gafar menjelaskan, keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta bantuan negara lain dinilainya kurang pas dalam kewibawaan negara. Pemerintah sudah mengerahkan segala bentuk bantuan, yang dibutuhkan hanya komitmen untuk menyelesaikan secara kenegaraan. "Seolah-seolah angkatan kita tidak mampu. Ini masalah kewibawaan politik pertahanan keamanan," ungkap anggota DPD perwakilan Riau ini.

Menurutnya, mungkin pemerintahan memiliki kriteria tertentu untuk melakukan penanganan secara kenegaraan. Hanya saja, permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan perubahan regulasi yang bisa dibicarakan dengan DPD. Gafar hanya mendesaka pemerintah untuk berbuat lebih dari pada hanya sekadar memberikan janji penyelesaian. (rol/ops)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER