Kanal

Sempena Milad, UR Kembali Buka Pengobatan Gratis

PEKANBARU-riautribune: Universitas Riau (UR) kembali membuka layanan berobat gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan bersempena menyambut Milad UR ke-53 yang jatuh bulan Oktober ini. Sebelumnya, layanan kesehatan gratis telah dilakukan UR dengan Rumah Sakit Universitas Riau (RS-UR) 17-30 September, terkait dengan musibah kabut asap yang melanda Riau.

Pengobatan gratis yang dilaksanakan Selasa (13/10) meliputi kegiatan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat yang terkena dampak bencana kabut asap. Dalam program itu, UR akan menyediakan obat dan memberikan pelayanan pengobatan bagi pasien penderita sakit yang disebabkan kabut asap untuk berkunjung ke RSUR. Baik mereka yang berasal dari kalangan civitas akademika maupun masyarakat umum di lingkungan UR.

Direktur RSUR, dr Zulharman MMed Ed, menyebutkan saat melaksanakan layanan kesehatan ini, RSUR tidak hanya mengobati pasien yang terkena Inpeksi Saliran Pernafasan Akut (ISPA). Namun juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis untuk penyakit umum. “Pengobatan yang kita lakukan tidak hanya ISPA, tetapi penyakit yang biasa ditangani dokter umum juga kita lakukan disini (RS-UR, red),” ungkap Zulharman.

“Kabut asap belum kunjung hilang dan jumlah pasien yang terjangkit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) semakin meningkat. Pada kegiatan pelayanan kesehatan gratis pertama yang dilakukan RSUR 17-30 September lalu, tercatat jumlah pasien yang kita layani sebanyak 400 orang. Sebab itu, RSUR kembali memperpanjang waktu pelayanan kesehatan gratis yang meliputi pengobatan dan pemeriksaan kesehatan kepada citvitas akademika UR dan masyarakat umum di sekitar RSUR,” jelas Zulharman.

Sebelumnya, tambah Zulharman, pada pemeriksaan dan pengobatan pertama, RSUR lebih fokus melakukan pelayanan kesehatan terhadap pasien yang terkena dari dampak ISPA. Akan tetapi kali ini, tambahnya, pemeriksaan dilakukan lebih spesifik lagi dan ditangani tenaga medis serta dokter spesialis. "Di antaranya dalam hal pelayanan pemeriksaan kesehatan, yang disediakan RSUR seperti pemeriksaan gula darah, asam urat, kolestrol, bahkan jantung serta pemeriksaan penyakit lainnya," tutup Zulharman. (mkn/rls)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER