Kanal

XL Axiata Upayakan Bangun Jaringan Data Besar-besaran 2018

PEKANBARU - riautribune: Bertujuan meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat pertumbuhan kinerja bisnis perusahaan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) tahun ini bertekad untuk melanjutkan pembangunan jaringan data secara besar-besaran khususnya di luar Jawa. Ini juga didukung dengan keberhasilannya di 2017 dimana jumlah pelangganya terus meningkat.

Vice President XL Axiata West Region, Francky Rinaldo Pakpahan melalui siaran persnya menjelaskan jumlah pelanggan yang mengakses layanan data terus meningkat dan mampu mendorong kenaikan traffic layanan data hingga 2 kali lipat atau meningkat sebesar 148 persen.

"Prestasi XL Axiata tahun lalu juga dikarenakan faktor berlanjutnya perluasan jaringan ke wilayah-wilayah dengan permintaan yang tinggi. Kemudian mendorong pertumbuhan yang kuat pada pendapatan dan traffic dari wilayah luar Jawa," paparnya.

Dibeberkannya, pencapaian XL Axiata sepanjang 2017 secara jelas memberikan sinyal ini adalah moment yang tepat untuk memaksimalkan kemampuan jaringan data guna meningkatkan kualitas layanan. Bahkan juga memperluas cakupan layanan ke area-area luar Jawa.

Meski begitu, pembangunan jaringan data masih akan dilakukan di Jawa, terutama untuk peningkatan kualitas layanan. Sementara prioritas dilaksanakan di luar Jawa lebih fokus pada perluasan jaringan 4G LTE yang sudah berlangsung sejak tahun lalu.

"Tahun ini, XL Axiata berencana akan menambah jumlah BTS baru dengan jumlah relatif sama dengan penambahan di tahun 2017, termasuk untuk perluasan cakupan layanan 4G LTE. Tahun 2017 yang lalu, cakupan layanan data 3G/4G LTE XL Axiata mencapai sekitar 93 persen dan layanan 4G mencapai 85 persen dari total populasi," terangnya.

Guna mensukseskan target ini, XL Axiata mengalokasikan 90 persen dari anggaran belanja modal (Capex) tahun 2018 sebesar Rp 7 triliun. Diluar itu, dari pembangunan tahun lalu, jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, ditopang oleh lebih dari 17.000 BTS 4G dan hampir 46.000 BTS 3G.

"Memang tahun lalu kita lebih fokus dengan pengembangan di pulau Jawa. Yakni mencapai 60 persen. Dari total 53,5 juta pelanggan XL Axiata per ahir tahun 2017, tercatat 72 persen dari total pelanggan atau 38,3 juta pelanggan telah menggunakan smartphone. Angka ini meningkat 32 persen dari capaian tahun sebelumnya. Sementara Jumlah pelanggan layanan data mencapai 73 persen," pungkasnya.***(rtc)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER