Kanal

Genjot Pembangunan Infrastruktur Jalan di Inhil, Wardan Ajak Masyarakat Ikut Menjaga

Riautribune:Kebutuhan masyarakat akan akses jalan yang baik dan memadai, benar – benar menjadi perhatian Bupati Inhil HM Wardan. Dalam periode kepemimpinannya yang sudah memasuki tahap akhir ini, Bupati Inhil telah menunjukkan bukti nyata komitmennya terhadap pembangunan Inhil, khususnya sarana jalan.

 

Satu per satu perkerjaan infrastruktur jalan yang selama ini menjadi harapan masyarakat, mulai dikerjakan dan berlahan mulai selesai oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil. Berlahan tapi pasti, setiap tahapan pembangunan yang sebelumnya sangat memprihatinkan berlahan mulai baik dan memadai bagi masyarakat.

 

Komitmen Bupati Wardan dalam menuntaskan pembangunan infrastruktur dan peningkatan jalan juga dilakukan setelah memperoleh permintaan dari masyarakat. Seperti peningkatan akses jalan lintas Rantau Panjang - Tekulai, Kecamatan Enok. Selama ini, ruas jalan tersebut sulit untuk dilewati dan ditempuh, sebab kondisi ruas jalan yang mengalami kerusakan parah. Selain itu, lebar jalan pun tidak memadai sebagaimana mestinya.

 

Padahal ruas jalan rusak dan sempit itu, dapat mempersingkat jarak tempuh masyarakat untuk menuju Tekulai kemudian dilanjutkan ke Ibu Kota Kabupaten Inhil, Tembilahan. Bupati Inhil HM Wardan mengatakan, peningkatan ruas jalan merupakan wujud nyata atas komitmen pencapaian visi “Spirit Baru Indragiri Hilir menuju Kabupaten Maju, Bermarwah dan Bermartabat”.

 

Menurutnya, visi tersebut dapat dicapai satu di antaranya melalui pembangunan infrastruktur jalan, seperti yang sedang dilaksanakan di Desa Rantau Panjang. “Tentunya, peningkatan jalan dengan alokasi dana APBD pada tahun anggaran 2017 ini dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat. Sebelumnya, akses menuju Rantau Panjang yang tergolong baik hanya melalui jalur sungai menggunakan pompong,” ujar Bupati Inhil.

 

Oleh karena itu, dengan adanya pembangunan berupa peningkatan jalan ini, masyarakat bisa memanfaatkan ruas jalan dimaksud tanpa harus mengeluarkan dana yang begitu besar untuk menyeberang. “Ruas Jalan itu merupakan urat nadi transportasi bagi masyarakat setempat. Dengan begitu, besar harapan kita agar masyarakat dapat menikmati pembangunan dengan biaya yang efisien untuk menuju desa tetangga maupun daerah lain,” tukas Bupati. Ke depan, Bupati Wardan mengharapkan adanya kesadaran masyarakat untuk menjaga jalan yang telah dibangun.

 

Karena, menurutnya, jerih payah dalam upaya mengalokasikan dana anggaran pembangunan bukanlah sesuatu yang mudah, karena masih banyak hal-hal lain yang perlu dibiayai dan semuanya juga untuk kebutuhan masyarakat. Ucapkan terima kasih Besarnya rasa syukur masyarakat juga sama besarnya dengan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil yang telah berjuang dengan segala upaya untuk perbaikan jalan. Rasa syukur itu terlihat saat selesainya pengerjaan jalan Tembilahan – Teluk Pinang, Kecamatan GAS, karena termasuk pembangunan ruas jalan yang cukup penting di tahun 2017, mengingat Kelurahan Teluk Pinang sangat dekat dengan Tembilahan namun memiliki jalan yang memprihatinkan.

 

Masyarakat Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) khususnya Kelurahan Tekuk Pinang akhirnya mengakhiri penantian 15 setelah harus menderita melintas di jalan yang rusak berat. Mewakili Masyarakat GAS, Camat GAS Ijmi mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bupati Inhil HM Wardan yang telah membangun Kecamatan GAS. Ijmi menyatakan, kondisi jalan mulus seperti adalah mimpi masyarakat yang menjadi kenyataan, dan patut di syukuri.

 

Apalagi perjuangan Bupati Inhil, HM Wardan yang sampai sakit demi pembangunan jalan ini. “Terima kasih Pak bupati telah bersusah payah melakukan lobi ke tingkat provinsi bahkan pusat, sehingga sekarang jalan sudah mulus sehingga aktifitas masyarakat sudah nyaman,“ ujar Camat GAS H. Ijmi, Sos, Msi. Maka pantas rasanya, jika syukuran masyarakat dengan menyembelih dua ekor sapi yang berasal dari swadaya masyarakat setempat.

 

Hal ini bukan hanya karena mensyukuri nikmat jalan yang telah bagus hingga kini dapat menembus Kota Tembilahan hanya dalam waktu 1,5 jam dibanding dulu yang harus memakan waktu 3 sampai 4 jam, juga mensyukuri berbagai hasil pembangunan lainnya. Hampir seluruh masyarakat GAS dan yang melintasi jalan itu kini telah merasakan manfaatnya dan bisa dengan mudah menuju Tembilahan. Jaga bersama Sementara itu, Bupati Inhil HM Wardan dalam sambutannya mengutarakan rasa bangga dan harunya atas sambutan Masyarakat Teluk Pinang, Kecamatan GAS sekitarnya. Kedepan, Bupati juga mnyampaikan, akan terus Berusaha Melakukan Pendekatan dan loby Kepada Pemerintah Provinsi Riau dan Juga Pusat.

 

“Kepada masyarakat, mari mensyukuri jalan yang sudah di bangun di wilayah ini dengan menjaganya bersama – sama,” pesan Bupati. Perbaikan ruas jalan di Kecamatan GAS juga dilanjutkan kali ini dari Teluk Pinang - Sungai Piring yang belum mendapatkan perbaikan sepanjang 5 KM di Parit 17, Kelurahan Teluk Pinang, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS), pada tahun 2017 ini.

 

Perbaikan yang diwujudkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) ini, sebagai wujud komitmen penuntasan pembangunan infrastruktur jalan. Bupati Inhil, HM Wardan mengatakan, penimbunan terhadap ruas jalan tersebut, bertujuan untuk mempermudah akses menuju Ibu Kota Kecamatan GAS, yakni Kelurahan Teluk Pinang. Meski sebagian besar ruas jalan telah memperoleh pembangunan berupa rigid pavement, namun ada sedikit dari ruas jalan itu yang belum tersentuh perbaikan. "Alhamdulillah, saat ini kita telah mampu memenuhi kebutuhan infrastruktur jalan masyarakat. Dengan adanya penimbunan ini, akses masyarakat menjadi semakin terbuka. Ini adalah sebuab kemajuan bagi masyarakat yang mendapatkan 'kue' pembangunan," kata Bupati.(tp)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER