Kanal

SHARP Greenerator Rayakan Hari Jadi Yang Kedua dan Angkat Pemimpin Baru

BOGOR – riautribune : Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2015, komunitas anak muda peduli lingkungan milik PT SHARP Electronics Indonesia, yaitu SHARP Greenerator tiada hentinya untuk menggalakkan berbagai program peduli lingkungan. Sebagai rasa syukur PT SHARP Electronics Indonesia atas eksistensi dan kontribusi SHARP Greenerator, Sharp menyelenggarakan perayaan hari jadi yang kedua sekaligus pemilihan kepemimpinan baru di tanggal 17 Desember lalu.

Selain diikuti oleh seluruh anggota SHARP Greenerator yang kini berjumlah 58 orang, perayaan ini juga disaksikan oleh kelima organisasi nirlaba yang menjadi fasilitator sekaligus pendamping selama berlangsungnya kegiatan. Kelima organisasi nirlaba tersebut adalah Yayasan Terumbu Karang Indonesia (Terangi), Transformasi Hijau (Trashi), World Wide Fund (WWF) Indonesia, Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF), dan Kebun Raya Bogor (KRB) LIPI.

Perayaan ulang tahun SHARP Greenerator yang kedua juga diikuti dengan serangkaian pendalaman materi mengenai lingkungan hingga puncaknya yaitu pergantian kepemimpinan anggota untuk periode 2018 – 2021. Ke depannya, pemimpin baru ini akan menyandang jabatan sebagai presiden yang akan mengarahkan seluruh anggota untuk membuat program-program terbaru seputar lingkungan.

Guna menumbuhkan jiwa kepemimpinan, seluruh anggota diajak untuk mendaftarkan dirinya sendiri sebagai kandidat presiden sejak pertengahan November 2017. Seluruh pendaftar kemudian disaring kembali menjadi tiga kandidat utama yang selanjutnya berkesempatan mengkampanyekan visi dan misi serta alasannya menjadi Presiden SHARP Greenerator.

Setelah sebelumnya mendapatkan pendalaman materi mengenai situasi lingkungan saat ini, ketiga kandidat juga ditantang untuk menjawab pertanyaan yang diajukan baik dari fasilitator maupun sesama anggota SHARP Greenerator mengenai  berbagai isu seputar lingkungan dan aksi nyata yang akan dilakukan selama era kepemimpinan.

Usai sesi debat, seluruh anggota SHARP Greenerator, fasilitator, hingga perwakilan manajemen PT SHARP Electronics Indonesia turut berkesempatan untuk memberikan suara dan memilih presiden melalui pemungutan suara tertutup. Hasilnya, Prima Yuliana terpilih menjadi Presiden SHARP Greenerator periode 2018 – 2021 dengan hasil mencapai lebih dari 30 suara, mengungguli jauh dua pesaingnya.

Prima Yuliana yang kini duduk di kelas XI SMU Bina Insani Bogor, juga mengungkapkan kebahagiaannya atas kemenangan ini, “Terima kasih banyak untuk semua pihak yang telah memberi kepercayaan begitu besar sehingga saya bisa meneruskan kepemimpinan SHARP Greenerator. Semoga dengan terbentuknya jajaran organisasi yang lebih baik, kami bisa berkontribusi lebih banyak untuk lingkungan, terutama untuk Kota Bogor ini.”

Selain mendapatkan pendalaman materi akan lingkungan, baik Sharp dan fasilitator juga menghadirkan dua perwakilan komunitas muda untuk menginspirasi Sharp Greenerator dalam menjalankan organisasi. Kedua komunitas ini adalah Teens Go Green dan Divers Clean Action (penggagas Indonesia Youth Marine Debris Summit) yang berfokus pada pelestarian  lingkungan meski melalui jalur yang berbeda.

Keduanya membagikan pengalaman mengenai perjalanan memulai organisasi yang tengah dibinanya saat ini, dari perekrutan anggota hingga masa pasang surut yang kerap dijalani oleh banyak komunitas muda. Sesi ini disambut dengan baik oleh anggota SHARP Greenerator dengan banyak menggali pertanyaan kepada keduanya.

Di bawah kepemimpinan Prima Yuliana, kini SHARP Greenerator ditata kembali dengan struktur organisasi terbaru yang disesuaikan dengan minat anggota. Sejumlah program kerja juga tengah didiskusikan untuk diwujudkan selama masa periodenya.

“Setelah melihat pelatihan yang diberikan selama dua hari ini, saya semakin yakin dengan kiprah positif yang bisa dibawa SHARP Greenerator di beberapa tahun mendatang. Terakhir, tak lupa saya ucapkan juga selamat ulang tahun yang kedua untuk SHARP Greenerator. Terima kasih atas semangat dan kontribusinya selama ini, semoga SHARP Greenerator terus eksis dan dapat terus melahirkan anak muda baru yang tak kalah hebat, serta yang utama mampu membuat program-program lingkungan menarik lainnya secara mandiri,” tutur Herdiana Anita Pisceria, General Manager Brand Strategy Group PT SHARP Electronics Indonesia.

SHARP Greenerator dibuka bagi siswa dan siswi di Kota Bogor melalui pendaftaran yang diajukan PT SHARP Electronics Indonesia melalui beberapa sekolah. Seluruh pendaftar wajib menyerahkan karya tulis mengenai kontribusi yang akan dilakukannya sebagai anggota SHARP Greenerator. Dari ratusan pendaftar, Sharp dan fasilitator memilihnya kembali menjadi 44 orang di tahun 2017. Seluruh kegiatan mengenai SHARP Greenerator juga dapat diikuti melalui tulisan blog yang dibuat oleh masing-masing anggota pada tautan: https://sharp-indonesia.com/sharpgreenerator/.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER