Gubernur Riau Apresiasi Arboretum Gambut Binaan Pertamina Sei Pakning

Tanggal Galeri : Sabtu, 28 November 2020

Di bawah payung program Kampung Gambut Berdikari, sinergi masyarakat Kampung Jawa dan Pertamina RU II Sei Pakning ini mulai dijalankan sejak tahun 2013 hingga 2016 terkait kerjasama pemadaman karhutla dan mulai 2017 untuk pengembangan pemberdayaan masyarakat. Sejak 2015, Kampung Jawa pun telah bertransformasi dari titik rutin menjadi titik bebas karhutla.

Ditemui saat berdialog dengan Kelompok Tani Tunas Makmur dan Tim Pertamina, Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat dan Pertamina yang telah ikut mendukung program pemerintah dalam penanggulangan permasalahan karhutla. Lahan yang dulunya sangat rawan kebakaran berhasil dijadikan kelompok masyarakat di Kampung Jawa sebagai kawasan yang memiliki manfaat tinggi. Tidak hanya secara ekonomi bagi para pengelola namun juga memiliki nilai pembelajaran yang tinggi bagi pelajar dan mahasiswa serta masyarakat yang hendak belajar mengenai keanekaragaman hayati maupun sejarah Kampung Jawa terbebas dari karhutla.

Syamsuar juga menyatakan dengan keberhasilan masyarakat Kampung Jawa dalam menghentikan karhutla sejak tahun 2015, Program ini sudah sangat layak menjadi lokasi benchmark bagi wilayah lain di Provinsi Riau maupun Indonesia dalam hal optimalisasi lahan sebagai upaya mencegah karhutla.

"Program ini telah berhasil dalam menghentikan karhutla sejak tahun 2015 sehingga dapat menjadi percontohan bagi wilayah lain yang memiliki permasalahan serupa. Perbanyak kunjungan dari kelurahan, kecamatan dan kabupaten lain untuk sama-sama belajar mengendalikan karhutla dan memberikan nilai tambah secara ekonomi bagi masyarakat," ungkap Syamsuar.