BKP Provinsi Riau Ikuti Pameran Pangan Nusantara

Tanggal Galeri : Kamis, 01 Desember 2016

YOGYAKARTA-riautribune: Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau mengikuti Pameran Pangan Nusantara di Yogyakarta selama Empat hari mulai dari tanggal 26-29 Mei 2016. Dalam pameran tersebut, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau memperkenalkan makanan khas negeri Lancang Kuning ini, terutama sagu sebagai makanan alternatif.

"Melalui Pameran Pangan Nusantara, Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Ketahanan Pangan mengangkat tema makanan sagu sebagai pangan alternatif sebagai pengganti beras," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau Ir. Darmansyah.

Dikatakan Darmansyah, Riau memiliki 3 kabupaten yang menjadi sentra produksi sagu yaitu Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti. Ketiga kabupaten tersebut memiliki cadangan sagu dengan total produksi mencapai 246 ribu ton pertahun. Namun dengan jumlah cadangan produksi sagu sebesar itu, baru 8 persen saja yang sudah dilakukan pengelohan untuk berbagai kebutuhan pangan. Padahal potensi untuk pengolahan sagu menjadi bahan kebutuhan pangan sangat besar dan terbuka.

Kata Darmansyah, memang untuk makanan alternatif pengganti nasi lebih diarahkan ke ubi dan jagung. Namun dengan tingginya cadangan produksi sagu di Riau bisa menjadi pangan alternatif pengganti nasi walaupun masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Pada stand pameran Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau menampilkan berbagai jenis makanan olahan dari sagu serta makanan olahan lainnya. Pengunjung yang datang pun memberi apresiasi atas apa yang ditampilkan BKP Riau.(adv)

Stand Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau menyajikan berbagai jenis makanan olahan khas Riau khususnya berbahan sagu.

Pengunjung terlihat antusias saat mengunjungi stand pameran Badan Ketahanan Provinsi Riau.