Tetap Terbaik, 13 Tahun SHARP Raih Double Platinum Brand di Ajang Indonesia Best Brand Award 2015

Dibaca: 147252 kali  Kamis, 01 Oktober 2015 | 16:41:55 WIB
Tetap Terbaik, 13 Tahun SHARP Raih Double Platinum Brand di Ajang Indonesia Best Brand Award 2015
Ket Foto : Yasuo Takenaka (3 dari kiri) bersama Haruhiko Sano (2 dari kiri) selaku GM Brand Strategy Group SHARP dan perwakilan lainnya berfoto usai menerima penghargaan.(riautribune.com)

JAKARTA-riautribune: Menjadi pelopor industri elektronik yang tumbuh dan berkembang bersama Indonesia selama 45 tahun rupanya tak mampu menggeser posisi PT. SHARP Electronics Indonesia (SEID) di hati konsumen Indonesia. Dalam survei Indonesia Best Brand Award (IBBA) yang dilaksanakan tahun ini,SHARP kembali dinobatkan sebagai merek elektronik terbaik pilihan konsumen Indonesia untuk kategori Lemari Es. Ini berarti posisi SHARP sebagai juara tetap konsisten tak tergoyahkan selama 13 tahun berturut-turut. Atas pencapaiannya ini, SHARP berhasil membawa pulang lagi Double Platinum Brand 2015, penghargaan tertinggi untuk merek-merek yang pernah memuncaki tangga juara IBBA lebih dari 9 kali.

 “Menghasilkan produk-produk berkualitas terbaik adalah sebuah komitmen yang amat menantang, namun mengelola merek selama hampir setengah abad merupakan tantangan tersendiri bagi kami. Tak banyak merek yang mampu melampaui fase ini, mempertahankan kepercayaan konsumen Indonesia selama ini. Kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh konsumen, rekan-rekan media, serta para partner karena berkat dukungan merekalah kami dapat melangkah sejauh ini,” tutur Yasuo Takenaka, Senior General Manager Refrigerator Production Division SEID, usai menerima penghargaan pada 30 September 2015 di Jakarta.

 Mengenai kondisi ekonomi Indonesia yang saat ini tengah melemah, Takenaka mengatakan hal ini berdampak pada hampir seluruh industri di Indonesia. Untuk kategori lemari es, Takenaka menyebutkan penjualan SHARP tetap tumbuh meski angkanya tak setinggi tahun-tahun sebelumnya. “Kebutuhan untuk membeli lemari es tetap ada, namun bedanya konsumen Indonesia kini cenderung lebih cermat dan ‘picky’. Jika dulu cukup impulsif dan cepat dalam memutuskan untuk melakukan pembelian, sekarang konsumen Indonesia lebih rasional, lebih ‘hati-hati’.

Mereka akan membeli lemari es yang fitur-fiturnya memang dibutuhkan, dan harganya sesuai kantong. Karena itulah, SHARP menyediakan lemari es dengan fitur-fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat lokal, juga ragam pilihan yang sangat lengkap, mulai dari satu pintu, dua pintu, empat pintu, enam pintu, kapasitas kecil hingga besar, dengan atau tanpa motif, dengan atau tanpa handle, dan sebagainya. Dengan demikian, hal ini akan memudahkan konsumen dalam memilih lemari es yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet mereka,” jelas Takenaka lagi.

 Rangkaian produk berkualitas dari SHARP ini dipersembahkan kepada seluruh konsumen Indonesia dengan menerapkan standar Kualitas Takumi di pabrik SHARP yang terletak Karawang. Takumi berasal dari bahasa Jepang berarti ‘ahli’. Takumi merupakan orang-orang  terlatih dan mahir dalam  melakukan hal-hal yang mendekati kesempurnaan yang berangkat dari semangat  keinginan  untuk  menghasilkan  karya  terbaik, yang hanya dapat dilakukan oleh manusia.

Selain rangkaian produk yang komplit, salah satu keunggulan SHARP adalah jaringan servis pasca penjualan terbanyak di Indonesia, dengan jangkauan terluas hingga ke pelosok tanah air untuk memastikan kenyamanan konsumen. SHARP menerapkan kebijakan 5-1 Service Activities, yaitu 1 jam respon, 1 minggu penyelesaian, 1 tahun nonstop pelayanan Customer Care Center tanpa libur, 1 hari kunjungan, serta jaringan servis nomor 1 di Indonesia.

 Indonesia Best Brand Award atau IBBA merupakan program penghargaan reguler yang diselenggarakan sejak tahun 2002 oleh Lembaga Riset MARS dan Majalah SWA Sembada terhadap para pelanggan. Metodologi survei yang digunakan adalah riset kuantitatif dengan menggunakan kuesioner terstruktur dan wawancara tatap muka, mengukur total 146 kategori produk dari 13 industri yang digelar di tujuh kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Banjarmasin, dengan jumlah responden sebanyak total 5.243 orang dengan kelas sosial ekonomi (SES) ABCDE. Survei dilakukan selama bulan Maret-Mei 2015, dengan mengukur variabel Popularitas Merek (Top of Mind Brand Awareness), Popularitas Iklan (Top of Mind Ad Awareness), Pangsa Pasar (Brand Share), Tingkat Kepuasan dan Kesetiaan Pelanggan (Satisfaction and Loyalty Index), serta Potensi Pertumbuhan Merek di Masa Mendatang (Gain Index).

 Tak hanya IBBA 2015, jelang akhir tahun ini, komitmen SHARP dalam menghadirkan produk-produk berkualitas terbaik untuk lintas generasi juga meraih sejumlah penghargaan lainnya, yaitu Satria Brand Award 2015, anugerah tertinggi yang diberikan kepada merek terbaik pilihan masyarakat Jawa Tengah, untuk kategori AC, Televisi, Mesin Cuci, dan Lemari Es. Penghargaan yang diberikan oleh Suara Merdeka Network ini didasarkan pada hasil riset regional oleh INDORESEARCH di seluruh karesidenan (35 Kabupaten/Kota) di wilayah Jawa Tengah dengan melibatkan 3.000 responden. Variabel yang diukur adalah Brand Awareness, Market Share, Satisfaction, serta Loyality/Future Intention.

 Selain itu, SHARP juga membawa pulang penghargaan Indonesia Most Favorite Women Brand 2015 untuk kategori Lemari Es. Riset ini dilakukan oleh MarkPlus Insight yang mengupas “Anxieties & Desires” perempuan Indonesia serta brand-brand yang biasa mereka gunakan, dengan metodologi multi-stage random sampling terhadap 5.728 responden perempuan berusia 15-49 tahun dengan SES ABC di 18 kota besar Indonesia (Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Jogja, Solo, Denpasar, Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak, Makassar, Manado, dan Jayapura), pada bulan Januari sampai dengan Juli 2015. Untuk melengkapi seluruh pencapaian ini, SHARP juga berhasil meraih The Best Digital Product untuk kategori Smart TV dari Digital Marketing Award 2015, penghargaan yang diberikan oleh Majalah Marketing berdasarkan hasil riset SurveyOne dengan melakukan wawancara kepada 1.250 pengguna produk/servis digital dari SES B hingga A+ di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar. Survei ini mengukur lima dimensi produk, yaitu Reliability, Durability, Feature, Design, dan Easy-to-Get. (rls/ops)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »