Sambut Hari Tani, Ratusan Mahasiswa Pertanian Duduki DPRD Riau

Dibaca: 84662 kali  Kamis, 01 Oktober 2015 | 09:41:07 WIB

PEKANBARU-riautribune: Ratusan mahasiswa Fakultas Pertanian menggelar aksi unjuk rasa ke Gedung DPRD Provinsi Riau, Rabu (30/9). Aksi tersebut dilakukan dalam rangka Hari Tani Nasional 2015. Mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia Wilayah Sumatera menyampaikan keprihatinan mereka terhadap kondisi pertanian di Riau saat ini.

Dalam aksinya, ratusan mahasiswa yang berasal dari UN, UIR, UNILAK, UIN menyampaikan beberapa peryataan sikap terhadap terpuruknya hasil pertanian masyarakat di Riau saat ini. Pernyataan sikap mahasiswa antara lain mendesak pemerintah mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia khususnya Riau. Kemudian mendesak pemerintah merealisasikan UU Pangan Nomor 19 tahun 2013 tentang Standar Komoditi Hasil Pertanian.

Menariknya, para pengunjuk rasa juga sempat menampilkan, teatrikal yang ditunjukan sebagai protes menurunnya hasil pertanian masyarakat dan sempitnya lahan pertanian. Semula, aksi dilakukan di depan gedung DPRD Riau. Kemudian Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo membawa masa ke dalam ruangan Rapat Medium untuk mendengarkan aspirasi ingin disampaikan.

Menanggapi aspirasi yang disampaikan mahasiswa, Sunaryo didampingi anggota lainnya Syamsurizal berjanji akan meneruskan aspirasi tersebut. "Saya akan meneruskan apa yang menjadi aspirasi rekan-rekan mahasiswa ini kepada pemerintah provinsi," kata Samsurizal Wakil Ketua Komisi B DPRD Riau yang membidangi pertanian.

DPRD Riau, lanjut Sunaryo, akan mendorong pemerintah membantu menyelesaikan anjloknya sektor pertanian saat ini di Riau. Setelah mendengarkan apa yang disampaikan Wakil Ketua DPRD Riau dan anggota DPRD tersebut, para pengunjukrasa langsung membubarkan diri dengan tertib. (ehm)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »