HUT TNI ke-72,

Ini Tujuh Nasihat Panglima untuk Seluruh Prajurit

Dibaca: 18074 kali  Jumat, 06 Oktober 2017 | 09:04:16 WIB
Ini Tujuh Nasihat Panglima untuk Seluruh Prajurit
Ket Foto : foto internet

KOTABARU - riautribune : Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Gatot Nurmantyo memberi nasehat kepada prajurit di seluruh Indonesia, guna meneguhkan hati dan menguatkan jiwa dengan tujuh hal.

"Guna meneguhkan hati dan menguatkan jiwa segenap prajurit TNI, saya ingatkan kembali dan instruksikan hal-hal untuk dipedomani," kata panglima dalam sambutannya upacara peringatan HUT TNI ke-27 di Kotabaru yang dibacakan Wakil Bupati Kotabaru Burhanudin.


1. Mengingat Tuhan

Nasihat pertama Gatot kepada jajarannya adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Kedepankan Tugas Negara

Yang kedua yang juga sangat penting, Gatot meminta para prajurit TNI untuk mengedepankan tugas di atas segala-galanya. Menurut Gatot, tugas pokok dan fungsi TNI sebagai penjaga kedaulatan negara sangat menentukan tegak dan runtuhnya negara ataupun bersatu atau bercerainya sebuah bangsa. Gatot mengingatkan, tugas adalah sebuah kehormatan, harga diri dan kebanggaan.

3. Junjung Tinggi Semangat Kebangsaan

Ketiga, junjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan demi kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa, serta tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

4. Disiplin

Poin keempat, Gatot meminta seluruh jajaran TNI untuk memegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI, taati hukum dan hormati hak asasi manusia.

5. Membina Soliditas Satuan

Terkait poin kelima, Gatot meminta seluruh jajaran TNI untuk membina soliditas satuan, menegakkan rantai komando dan memantapkan kesatuan komando di setiap strata kepemimpinan satuan TNI, sehingga terwujud loyalitas tegak lurus yang jelas dan tegas.

6. Dekatkan Diri dengan Masyarakat

Untuk poin keenam, Gatot meminta pasukannya untuk setia hadir di tengah-tengah masyarakat, dengan aktif berperan menyelesaikan masalah dan memberikan kontribusi positif demi kemajuan satuan dan lingkungan dimanapun berada.

7. Niat Luhur

Sebagai seorang prajurit TNI, Gatot betul-betul terus berupaya untuk meluruskan niat dalam setiap penugasan yang diberikan kepadanya. Untuk itu, Gatot meminta para prajurit TNI untuk menjunjung tinggi sikap berani, tulus dan ikhlas dan semata-mata meniatkan seluruh tugas yang diemban demi NKRI,(okz)

 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Nasional" Index »