Bupati Kampar Azis Zaenal Lantik Drs.Yusri,MSi sebagai Sekda Kampar

Dibaca: 47014 kali  Sabtu, 30 September 2017 | 11:12:40 WIB
Bupati Kampar  Azis Zaenal Lantik Drs.Yusri,MSi sebagai  Sekda Kampar
Ket Foto :

BANGKINANG - riautribune : Tiga nama sempat bersaing menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar pada proses akhir assesment calon Sekda Kampar beberapa hari lalu. Tiga nama itu adalah H Bustan (Kadis Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan ) H Cokroaminoto (Kadis Lingkungan Hidup Kampar) Cokroaminoto  dan  Yusri. Namun nama terakhirlah yang akhirnya memegang jabatan strategis di kalangan ASN di Kabupaten Kampar itu.

Yusri menjadi pilihan pertama Bupati Kampar H Azis Zaenal pasca tiga nama itu direkomendasikan ke Kementerian Dalam Negeri oleh Panitia Seleksi (Pansel) Sekda Kampar yang dipimpin H Syawir Hamid.

Meskipun melalui tahapan seleksi namun kewenangan bupati masih besar dalam menentukan orang terdepan dalam membantu tugas-tugasnya terutama berkaitan administrasi daerah.

Seperti diprediksi banyak orang, putra Muara Uwai, Kecamatan Bangkinang yang pernah menduduki jabatan eselon II di Pemerintah  Kabupaten Rokan Hulu itu melenggang menjadi Sekda Kampar. Sejak pindah dinas ke Kabupaten Kampar pasca Pilkada Kampar 2017 lalu, Datuk Yusri memang selalu terlihat bersama meskipun ia masih sebagai staf biasa.

Lantas, apa alasan Azis Zaenal menjatuhkan pilihan ke Yusri? Kepada sejumlah wartawan usai melantik dan memandu pengambilan sumpah Yusri sebagai Sekda Kampar di Balai Bupati Kampar, Jum'at (29/9/2017) Azis mengaku karena Yusri dinilai menguasai medan. Ditambah lagi keahlian dan pengalaman Yusri tidak diragukan lagi.

"Jelas, latar belakangnya adalah anak negeri. Dia orang Kampar. Dari segi kepangkatan sudah memenuhi. Sudah lima kali jadi eselon II di Rohul. Di tempat orang saja terpakai, masa tempat kita tidak," kata Azis.

Yusri yang juga ninik mamak di Kenegerian Bangkinang dan putra Muara Uwai itu sebelum pindah tugas ke Kabupaten Kampar pasca Pilkada Kampar tahun 2017 pernah menduduki jabatan penting di Pemkab Rohul. Diantaranya sebagai Kadis Perhubungan Rohul, Kasat Pol PP Rohul, Kadis PU Rohul dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Rohul sebagai Staf Ahli Fungsional Bupati Kampar. Meskipun sebagai staf ahli tapi dia kelihatan sangat dekat dengan Bupati Kampar H Azis Zaenal dan sudah sering mendampingi Bupati Kampar di berbagai kegiatan.(ckp)



 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »