20 Ribu Bibit Dibagikan ke Seluruh Kecamatan,

Sekda: Kita Akan Buat Rohil Teduh dan Bermanfaat

Dibaca: 34593 kali  Jumat, 29 September 2017 | 11:18:51 WIB
Sekda: Kita Akan Buat Rohil Teduh dan Bermanfaat
Ket Foto :

BAGANSIAPIAPI - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Drs Surya Arpan mengatakan, pencanangan secara terus menerus agar masyarakat gemar bertanam pohon adalah hal yang harus dilakukan Pemkab agar Rokan Hilir menjadi daerah yang sejuk dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sebanyak 20 ribu bibit yang terdiri dari tanaman Trembesi, Matoa, Cempedak, Nangka, Sirsak, Angsana dan sebagainya siap dibagikan keseluruh kecamatan se-Rohil agar masyarakat dapat memetik manfaatnya ketika menanam pohon disepanjang jalan didaerahnya masing masing. Sejatinya, pohon yang ditanam akan berbuah dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang berada didaerah tersebut.

"Masyarakat bisa mengambil manfaatnya. Bagi yang menanamnya, itu sudah bernilai ibadah. Harapan kita saat ini, bukan hanya sekadar menanam pohon namun juga kita ingatkan kembali kepada masyarakat agar memelihara pohon yang berada didepan rumah mereka dengan cara rutin untuk menyiramnya," Kata Surya Arpan usai acara pencanangan penanaman pohon dibatu 7 Bagansiapiapi, Kamis (28/9/2017).

Selain pencanangan, kata Surya, pemerintah juga akan mengevaluasi dan menyadarkan kembali masyarakat melalui bentuk pelestarian lingkungan  dengan cara menanam pohon. Tambahan lagi, dengan melakukan penghijauan, tindakan itu sudah mencegah terjadinya banjir serta deforestasi hutan yang semakin hari semakin kritis. Bahkan dia memperkirakan, jumlah pohon yang ditanam seandainya diperhatikan dan dirawat dengan sungguh sungguh, tentu pemandangan sepanjang jalan akan rindang karena pohonnya tidak mati.

"Dapat saja dari 5000 pohon yang ditanam 50% yang hidup, tentu akan menjadi nilai tambah bagi kita dimana buah dan pohon yang tumbuh dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," katanya.

Ditempat yang sama, Kadis Badan Lingkungan Hidup, Suwandi.S.Sos, mengatakan, sejak hari ini hingga tanggal 9 Desember mendatang, 10 ribu bibit yang sudah tersedia di kantor BLH batu 6 akan dibagikan keseluruh kecamatan. Sedangkan sisanya yang masih berada di Pekanbaru sebanyak 10 ribu bibit, masih menunggu pengiriman.

Dikatakan Suwandi, dalam rangka menyambut HUT Rohil, lokasi penanaman pohon akan dilaksanakan dijalan lintas batu 8, kantor bupati, dan juga dilokasi objek wisata Danau Janda Gatal.

Penanaman pohon yang melibatkan seluruh komponen mulai dari kepala UPTD, pihak kecamatan, sekolah yang menerima adiwiyata, DPRD, PKK, BKMT dan Dharma Wanita, juga diikuti oleh TNI dalam rangka TNI Masuk Desa (TMD).(grc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »