Universitas Riau dan Capella Honda 88 Pekanbaru,

Bersinergi dalam Program Iptek bagi Kewirausaan (IbK) Universitas Riau

Dibaca: 32651 kali  Senin, 25 September 2017 | 09:14:21 WIB

PEKANBARU - riautribune : Dalam upaya menciptakan wirausaha muda mandiri yang berbasis iptek, Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) melaksanakan Program Iptek bagi Kewirusahaan (IbK) yang terintegrasi dengan kreasi metode yang diselenggarakan di kampus. Misi program IbK yaitu memandu perguruan tinggi menyelenggarakan unit layanankewirausahaan yang profesional, mandiri dan berkelanjutan, berwawasan knowledge basedeconomy. Program IbK yang berkelanjutan, sehingga IbK diberipeluang untuk mampu menjadi unit profit.
Pada Tahun 2017, Universitas Riau melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) melaksanakan program IbK, satu di antara program IbK Universitas Riau (UR) yaitu mobile service sepeda motor. Program ini dilaksanakan oleh tim dosen UR, yaitu Dodi Sofyan Arief, ST, MT., Muftil Badri, ST, MT., M. Dalil,ST, MT., dan Dra. Rita Yani Iyan, MS.

Kegiatan mobile service sepeda motorbertujuan untuk (1) menciptakan wirausaha muda berbasis iptek dalam bentuk produk dan layanan jasa mobile service sepeda motor; (2) meningkatkan keterampilan manajemen usaha bagi mahasiswa dan alumni dengan membuat sistem manajemen mobile service yang dikelola oleh tim dosen UR, mitra, dan alumni; dan (3) menciptakan metode pelatihan kewirausahaan dengan melakukan pembinaan bagi mahasiswa dan alumni yang belum bekerja sehingga mampu menjadi wirausaha muda yang mengimplementasikan pemanfaatan iptek bagi masyarakat.

Untuk persiapan pelaksanaan kegiatan ini, UR bekerja sama dengan PT. Capella Honda 88 Pekanbaru mempersiapkan pelatihan kepala mekanik bagi mahasiswa vokasi Teknik Mesin. Kegiatan "Pelatihan Kepala Mekanik Sepeda Motor untuk Mahasiswa Vokasi Teknik Mesin" dilaksanakan di PT. Capella Dinamik Nusantara pada 10 s.d 24 September 2017, yang diikuti oleh 6 orang mahasiswa Program Studi D3 Teknik Mesin yang terpilih dalam ujian seleksi. Hadir dalam acara pembukaan kegiatan pelatihan Kepala Cabang PT. Capella Honda 88, Yusuf; Kepala Instruktur Sepeda Motor Honda, Taufik Abdul Rahman; dan tim pelaksana dari Universitas Riau.
    
Kegiatan ini tidak terlepas dari peran alumni, baik Yusuf maupun Taufik Abdul Rahman yang merupakan alumni Teknik Mesin Universitas Riau sangat mendukung kegiatan ini sebagai wujud implementasi kerjasama PT. Capella Honda 88 dengan Universitas Riau. "Akhirnya kegiatan pelatihan kepala mekanik bagi mahasiswa program vokasi teknik mesin dapat dilaksanakan, karena selama ini program pelatihan hanya diperuntukkan bagi siswa SMK-SMK yang ada di Riau. Pelatihan ini disesuaikan dengan kompetensi mahasiswa vokasi, yaitu sebagai kepala mekanik." "Dalam kegiatan ini, mahasiswa akan diberikan pembekalan teori dan praktik/magang bidang mekanik dan manajemen bengkel. Kegiatan magang dilaksanakan di bengkel AHASS yang tersebar di Pekanbaru" lanjut Yusuf.

Dalam pembukaan kegiatan pelatihan ini, ketua pelaksana kegiatan Dodi Sofyan Arief, ST., MT menyampaikan pentingnya program kewirausahaan bagi mahasiswa di era globalisasi ini. "Mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini dipersiapkan untuk wirausaha-wirausaha muda dalam bidang otomotif dengan kreatifitas melalui mobile service sepeda motor." "Nantinya kedepan kita akan fasilitasi kegiatan ini melalui aplikasi smartphone untuk memudahkan konsumen mengakses mobile service, karena memang sekarang sudah zamannnya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan berbasis IT".

Hadir pula dalam kegiatan pelatihan Kepala Mekanik Sepeda Motor ini Koordinator Prodi D3 Teknik Mesin UR, Muftil Badri, ST, MT. yang juga merupakan anggota tim mobile service sepeda motor. "Melalui kegiatan pelatihan kepala mekanik ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa vokasi, terutama mahasiswa D3 Teknik Mesin, dan nantinya lulusan sudah memiliki Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)". "Kegiatan ini merupakan embrio untuk pembentukan Tempat Uji Kompetensi (TUK) Teknik Mesin Universitas Riau di bawah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang saat ini masih dalam proses persiapan tim", lanjut Muftil.

“Kegiatan Program Iptek bagi Kewirusahaan (IbK) Universitas Riau selain memberikan luaran 6 orang mahasiswa wirausaha muda yang memiliki kompetensi manajemen dan mekanik sebagai pemilik/kepala bengkel sepeda motor. Kegiatan ini juga memberikan kesinergian program perguruan tinggi dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan kerjasama dengan para pelaku usaha, yang akan mungkin belanjut ke sektor bidang lain”,simpul M. Dalil. (rls)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »