Gubri Andi Rachman Buka Festival Pacu Jalur di Kuansing

Dibaca: 15401 kali  Rabu, 23 Agustus 2017 | 13:58:42 WIB
Gubri Andi Rachman Buka Festival Pacu Jalur di Kuansing
Ket Foto :

KUANSING - riautribune : Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, secara resmi membuka Festival pacu jalur tahun 2017 di lapangan Sepakbola Limuno, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Rabu (23/8/2017).

Untuk tahun 2017 ini, festival pacu jalur diikuti sebanyak 193 jalur, yang terdiri dari 156 jalur dari tuan rumah Kuantan Singingi, 33 jalur dari Kabupaten Indragiri Hulu, dan masing-masing satu jalur dari Pelalawan, Kampar,  Siak, dan Kota Pekanbaru.

Dalam sambutannya, gubernur Riau yang akrab disapa Andi Rachman itu mengatakan, festival pacu jalur menjadi salah satu tradisi pariwisata di Riau. Bahkan dari iven yang sudah masuk kalender pariwisata Nasional ini telah meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Kuansing.

"Pacu jalur sebuah bentuk festival akbar turun temurun lebih dari satu abad. Setiap tahun dibuat semakin menarik, dan menarik para wisatawan untuk datang ke Kuansing," ujar Gubri.

Ditambahkan Gubri, Pacu jalur juga telah masuk dalam salah satu Warisan Budaya tak Benda (WBTB) Indonesia. Pacu jalur sebagai warisan budaya dan nilai budaya mengandung kearifan lokal. Melalui iven pariwisata ini dapat mengangkat multiplier effect.

"Pacu jalur masuk sebagai salah satu tadisi yang dipertahankan yang masuk dalam iven nasional dengan keunikan dan kekhasan jalur. Jalur yang diiringi tabuhan gendang yang mengandung unsur seni, dan mampu menghibur masyarakt. Pacu jalur bukan tidak munkin dilirik para wisatawan baik dalam dan luar negri," kata Gubri.

Festival pacu jalur ditandai dengan pemukulan gong oleh gubernur Riau, dan diampingi oleh Bupati Kuansing Mursini, perwakilan Kementrian Pariwisata, anggota DPRD Riau, Supriati, Wakil Bupati Kuansing Halim.(ckp)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »