Gubri Hadiri Ground Breaking Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional

Dibaca: 46122 kali  Selasa, 22 Agustus 2017 | 14:33:59 WIB
Gubri  Hadiri Ground Breaking Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional
Ket Foto : foto Humas Pemprov

PEKANBARU - riautribune : Ground breaking pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis (Durolis) resmi dilakukan. Pembangunan sarana dan prasarana air bersih tersebut tersebut ditandai pemancangan tiang pertama oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Diikuti Dirjend Sumber Daya Air (SDA) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diwakili Direktur Pengembangan Air Minum Muhammad Sundoro. Kemudian ketiga kepala daerah yang masuk dalam pembangunan program Spam Durolis, yakni Walikota Dumai Zulkipli AS, Bupati Rokan Hilir Suyatno serta Bupati Bengkalis diwakili Asisten II Setdakab.

Hadir juga Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Danrem 031/WB Brigjend TNI Abdul Karim beserta penggantinya Brigjend TNI Edy Natar Nasution yang dijadwalkan 24 Agustus nanti akan melakukan serah terima jabatan.

Pemancangan tiang pertama tersebut menandai dimulainya pelaksanaan pembangunan air minum yang layak di kawasan pesisir Riau khususnya ketiga daerah tersebut. Kemudian, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan penekanan tombol bersama.

Hal itu merupakan tindak lanjut atas kesepakatan dan perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani pada 18 juli lalu. Yakni, antara pemerintah provinsi bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta ketiga pemerintah kabupaten dan kota.

"Melalui program Spam Durolis diharapkan akan mampu menjawab persoalan air bersih yang selama dinanti masyarakat Riau bagian pesisir, khususnya tiga kabupaten itu," kata Gubernur Riau yang lebih akrab disapa Andi Rachman, Senin (21/8/17).

Diharapkan persoalan air bersih yang selama ini jadi persoalan di tiga daerah ini dapat diatasi dan dapat dinikmati masyarakat. Kemudian Andi juga berharap, karena investasi pembangunan mencapai ratus miliar maka sudah seharusnya dapat dijaga masyarakat juga, termasuk keberlangsungan sungai dari potensi pedangkalan.

Kemudian pembangunan Spam Durolis ini, akan dibangun tower yang saat ini sudah didesign. Selain dapat menjadi sumber air bersih bagi warga, juga nantinya paling tidak tempat Spam Durolis ini bisa menjadi objek wisata lokal.

"Kita doakan hal ini dapat terwujud. Ini untuk kepentingan rakyat, Dumai belum ada pengolahan air bersih. Begitu juga dengan Rohil dan Bengkalis," ujar Andi. (rtc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »