Bisnis Kartu Internet dan Pulsa,

Toko Berjalan Alternatif Terbaru di Pekanbaru.

Dibaca: 30865 kali  Selasa, 15 Agustus 2017 | 08:32:31 WIB
Toko Berjalan Alternatif Terbaru di Pekanbaru.
Ket Foto :

PEKANBARU - riautribune : Ada benarnya, bahwa berbisnis itu jangan ada pertimbangan yang terlalu ribet dan jelimet. Istilah anak zaman sekarang “to the poin aja brow”. Yah, begitu juga bisnis, jika ada ide, cepat tangkap, namun tetap harus realistis toh. Hari ini yang cukup menjadi perhatian saya, adalah kebutuhan orang tua, anak muda, hingga ibu-ibu rumah tangga, akan kuota internet. Akan tetapi penjualan kuota internet di warung, ruko, hingga lapak, sudah biasa. Pertanyaannya, bagaimana jika kebutuhan yang satu ini cukup tinggi permintaannya di wilayah urban, lalu lintas tinggi, namun jauh dari pemukiman atau keramaain. Jalur lintas atau pun batas kota, jadi target wilayah pemasaran yang tepat kan brow?.

Sebagai orang yang sering ilir mudik di jalanan, hal yang pertama tercetus di benak saya adalah “bisnis Pulsa dan kuota portable”. Wadah berjualannya bisa bergerak, namanya belum kepikiran mungkin. Tapi menyesuaikan dengan permintaan pasar, bahwa target penjualan produk ini, adalah penumpang, pengendara yang akan bergerak keluar kota. Inilah yang akan kita sasar, mudah, cepat dan praktis.

Pertama, tentukan lah dulu lokasi yang tepat. Pertimbangannya, aranya yang paling simple dan sederhana adalah coba hitung berapa tinggi traffic dan banyak kendaraan bermotor yang lewat di jalan tersebut. Tentunya tempat yang dipilih bukan jalan raya atau utama yang sudah sangat jelas begitu banyak nya kendaraan yang melewati jalan tersebut.

Kedua, apakah ada ruang kosong untuk kendaraan untuk parkir minimal untuk berhenti sesaat saja, minimal kendaraan roda dua yang biasanya pelanggan ini paling berpotensi untuk memberikan kontribusi penjualan pulsa

Ketiga, setelah itu barulah melihat kondisi yang ada disekitar tempat tersebut, misal nya berapa banyak komplek perumahan, apakah perumahan tersebut masih baru artinya jika penghuni di komplek tersebut masih baru maka biasanya potensi market disana cukup menjajikan.

Keempat, jangan lupa juga perhatikan lokasi tempat yang dekat dengan sekolah atau kampus atau area perkantoran. Walaupun ini hanya potensi sesaat saja tetapi biasanya tempat ini akan meningkatkan traffic lalu lintas kendaraan dan sangat berpotensi daerah ini akan terus berkembang.

Kelima, mempertimbangkan kondisi tempat dengan melihat benyaknya usaha yang sama dengan yang akan kita buka. Jangan menggunakan prisip jika rezeki tidak akan lari atau rezeki Tuhan yang mengatur. Hal ini perlu juga dipertimbangkan dikarenakan akan keluar modal yang lebih banyak lagi jika kita paksakan membuka tempat usaha jika di dekat kita sudah ada tempat usaha yang sudah lama berdiri dan memiliki konsumen loyal yang banyak.

Setelah berbicara pertimbangan strategis, barulah kita berbicara modal yang diperlukan untuk memulai bisnis unik ini. Modal awal sangat lah menentukan kesiapan kita untuk membuka usaha ini. Dengan konsep awal sederhana yang saya sampaikan tadi maka modal digunakan untuk kebutuhan yang penting saja, sebagai berikut,

Pertama, Sewa tempat usaha. Jika penentuan tempat sudah dipilih, tentunya tempat yang akan kita sewa dipastikan tidak menghabiskan semua modal usaha yang kita siapkan. Maksimal hanya 40% dari total modal yang sudah kita siapkan.

Kedua, Biaya produksi etalase produk, saat ini sangat banyak etalase-etalase bekas yang kondisi masih layak pakai yang biasanya dapat ditanyakan ke toko-toko pemain besar yang ada di Kota itu. Atau bisa dicari informasi barang nya di situs belanja resmi. Jika memang harus produksi baru maka maksimal biaya nya 25% dari total modal yang sudah kiat siapkan.

Ketiga, biaya pengadaan produk untuk dijual. Tahap awal tidak lah perlu kita menyediakan produk yang banyak, cukup dengan produk yang semua jenis barang nya ada, misal nya jika menjual kartu internet tidak perlu ada paket dengan kuota yang besar dan harga yang mahal. Saat ini juga banyak tempat toko-toko besar yang bersedia memberikan pinjaman produk dengan pembayaran di belakang (kredit). Untuk pilihan produk yang akan dijual bisa juga di cek produknya sesuai dengan melihat produk-produk yang laku di jual di toko-toko besar.

Keempat, biaya promosi, dibutuhkan juga saat toko baru dibuka adalah promosi harga dan promosi yang menjelaskan produk apa saja yang kita jual di toko ini. Bisa mencontoh toko-toko besar yang terdekat dengan toko kita tersebut.Untuk selanjutnya, kita akan coba kupas mengenai bagaimana cara memilih produk yang laku di jual di toko, BERSAMBUNG…!Ini adalah tulisan saya yang pertama, saya akan coba menjelaskan kepada pembaca bagaimana mempersiapkan usaha untuk membuka toko Pulsa & Paket Internet yang sederhana saja. Semoga pemula bisnis tentunya langkah awal ini sangat berguna agar langkah awal kita untuk menjadi pengusaha tidak salah langkah.Sebagai pemula tentunya ada beberapa pertimbangan yang perlu kita lakukan.

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Pojok Usaha" Index »