Panen Raya di Sinaboi, Bupati Harap Petani Tidak Alihfungsikan Lahan

Dibaca: 78429 kali  Jumat, 25 September 2015 | 09:33:33 WIB
Panen Raya di Sinaboi, Bupati Harap Petani Tidak Alihfungsikan Lahan
Ket Foto : Bupati Rohil H. Suyatno, menghadiri panen raya jagung di Kepenghuluan Darussalam, Kecamatan Sinaboi,baru-baru ini.(internet)

SINABOI-riautribune: Bupati Rohil H. Suyatno, menghadiri panen raya jagung di Kepenghuluan Darussalam, Kecamatan Sinaboi,baru-baru ini. Dalam kesempatan itu, Bupati Rohil mengatakan bahwa Darussalam sangat berpotensi untuk dijadikan areal pertanian. Bukan hanya daerah, tekstur tanahnya pun sangat subur dan cocok ditanamani berbagai bidang pertanian palawija termasuk padi dan jagung.

"Darussalam cocok dijadikan lumbung pertanian pangan. Ini harus terus kita pertahankan dan saya berharap para petani tidak melakukan alih fungsi lahan dari palawija ke tanaman keras seperti Sawit," harap bupati disela panen raya jagung hibrida dalam rangka pencapaian produksi jagung kerjasama dengan TNI AD.
 
Suyatno berpendapat, bahwa daerah ini sangat ideal dijadikan lumbung pertanian pangan. Berkembangnya komoditi padi di Darussalam tetap harus dipertahankan. "Mari kita jaga daerah ini agar tetap menjadi penopang kebutuhan masyarakat terhadap padi dan palawija. Jangan sampai lahan yang bagus ini dijadikan kebun-kebun sawit," himbau Suyatno.
 
Di tempat yang sama, Kepala Distanakkan Rohil, Ir. Muslim, menjelaskan kegiatan panen raya jagung itu dilaksanakan dalam rangka memberikan motivasi bagi para petani. Diharapkan dengan kegiatan ini, para petani di Darussalam tidak tergoda untuk mengalihfungsikan lahannya ke peruntukan lain. "Lahan yang ada sekarang tidak putus peruntukanya untuk jagung, dan padi saja. Petani juga harus membuat variasi dengan tanaman lain seperti palawija," tegasnya.
 
Untuk itu, tambah Muslim, gar para petani lebih semangat, pemerintah juga turut membantu para petani dengan pengadaan alat pertanian seperti handtractor dan lain sebagainya. "Harapan kita Sinaboi tetap menjadi lahan pertanian dan menjadi lumbung pertanian terbesar di Rokan Hilir satu saat nanti," harapnya. (ops)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »