Festival Permainan Rakyat,

Gubri Memainkan Layang Layang Dengung

Dibaca: 38036 kali  Kamis, 10 Agustus 2017 | 10:49:26 WIB
Gubri Memainkan Layang Layang Dengung
Ket Foto :

PEKANBARU - riautribune : Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman ikut terlibat langsung dalam festival permainan rakyat se-Riau yang dilaksanakan di Taman Budaya Provinsi Riau, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru. Bahkan, orang nomor satu di Riau itu satu persatu menjajal beberapa permainan rakyat, salah satunya bermain layang-layang.

Dalam sambutannya, Gubri berharap agar permainan rakyat dapat turun-temurun diperkenalkan kepada anak-anak sebagai wujud menjaga kelestarian ragam budaya.

"Dalam memajukan kebudayaan Melayu, kita harus menjaga lingkungan, tidak boleh merusak. Mudah-mudahan festival permainan rakyat yang diadakan ini disosialisasikan terus menerus," kata pria yang akrab disapa Andi Rachmann tersebut, Rabu (9/8/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zein mengungkapkan bahwa dalam festival permainan rakyat ini ada beberapa permainan yang diperlombakan, yaitu gasing, congklak, dan layang-layang.

"Kemudian, ada juga berbalas Pantun, Tari Zapin dan sebagainya," kata Yose. Pembukaan festival ini pun di tandai dengan pemukulan ligu yang terbuat dari batok kelapa yang di susun sejajar yang ditancapkan di atas pasir.(grc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Senin, 19 November 2018 - 13:09:05 WIB

Ketua DPR Apresiasi ARDINDO Berdayakan Koperasi dan UMKM

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo bangga terhadap Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri Indonesia (ARDINDO) yang berhasil meluncurkan ARDINDO MART sebagai sebuah upaya memberdayakan koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sekaligus, mendorong jiwa kewirausahaan dalam mendongkrak perekonomian nasional.