Kwarcab 04-02 Inhil pastikan akan mengutus Kontingen Pada kegiatan Rainas ke XI di cibububur

Dibaca: 36557 kali  Kamis, 27 Juli 2017 | 08:50:38 WIB
Kwarcab 04-02 Inhil pastikan akan mengutus Kontingen Pada kegiatan Rainas ke XI di cibububur
Ket Foto :

TEMBILAHAN - riautribune : Satu kegiatan penting akan diikuti oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 04/02 Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 04/02 Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) akan ambil bagian pada kegiatan Raimuna Nasional (RAINAS) Raimuna nasional ke XI di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, 13-21 Agustus 2017.

Berbagai kegiatan menarik akan digelar pada perkemahan yang diikuti Pramuka Penegak dan Pandega yang akan diikuti 15.000 peserta dari seluruh Indonesia.

Dari Inhil sendiri, total 24 peserta Penegak Putra dan putri yang dibagi 12 orang peserta Putra dan 12 orang peserta Putri akan diutus, setelah sebelumnya direkomendasikan oleh 20 Kecamatan se kabupaten Inhil yang masing - masing mengirim satu utusannya.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 04 - 02 Inhil, Junaidi Ismail, S.Sos, Msi, menjelaskan, Rainas merupakan kawah candradimuka untuk membentuk generasi bangsa yang memperjuangkan NKRI dan Pancasila.

"Kegiatan ini memastikan generasi masa depan Indonesia pro-pancasila dan NKRI," ujarnya Selasa (25/7/2017). Raimuna sendiri, lanjut Junaidi menjelaskan, berasal dari bahasa Papua yang terdiri dari dua suku kata, Rai yang artinya pertemuan dan Muna artinya pemimpin atau kepala suku.

"Kegiatan ini juga rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Agustus mendatang," ungkap Junaidi. Oleh karena itu, Junaidi Mengharapkan kepada seluruh peserta dari kontingen Inhil dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang sudah di jadwalkan oleh Kwartir Nasional dengan baik.

Lebih lanjut, Ketua Harian Kwartir Cabang 04-02 Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil Ahmad Junaidi An menuturkan, untuk persiapan sendiri, Kontingen Inhil sudah mencapai 98 persen,

"Rencananya peserta akan diberangkatan dari Inhil menggunakan Bus kontingen menuju Bumi Perkemahan Tin Soeharto, Cibubur dan akan di pulangkan ke Inhil lewat udara," tukasnya.

Sebelum diberangkatkan, ujar Junaidi lagi, para peserta terlebih dahulu akan mengikuti Training Center yang dimulai pada tanggal 27 s/d 30 Juli 2017 di Halaman gedung Graha pramuka, Jalan HR Soebrantas, Tembilahan.

Selama satu minggu kegiatan Rainas akan dibagi menjadi dua. Pertama, sebagian dipusatkan di area lokasi perkemahan. Kedua, kegiatan dilakukan di luar perkemahan atau tour edukasi, dengan sistem rolling.

Berbagai kegiatan akan digelar di area perkemahan, antara lain seperti, global development village, waktu luang, Ispec, pentas seni, festival dan karnaval, jumpa tokoh, ada juga rover challenges. (Rls)
    
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »