Bupati dan Ratusan Warga Concong Ikuti Istighosah

Dibaca: 74721 kali  Sabtu, 22 Juli 2017 | 09:22:10 WIB
Bupati dan Ratusan Warga Concong Ikuti Istighosah
Ket Foto :

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan, dan ratusan warga  mengikuti Istighosah di Masjid Nurul Huda, Kelurahan Concong Luar, Kecamatan Concong, Jumat (21/7/2017).

Istighosah yang disejalankan dengan halal bihalal, bertujuan meningkatkan siar Islam dan ajang silahturahmi. Apalagi saat itu masih dalam suasana Bulan Syawal. Tepat momennya untuk saling bermaaf-maafan.

Istighosah memiliki tujuan cukup baik. Salah satunya menunjukkan arti pemintaan atau pemohonan. Maka istighotsah berarti meminta pertolongan, agar daerah dan masyarakat selalu diberikan ampunan dan keselamatan.

Setelah Istighosah, Bupati kemudian menunaikan Shalat Jumat di Masjid Nurus Ihsan, Concong. Saat itu Bupati bertindak sebagai Khatib. Dalam khutbahnya, Khatib menyampaikan realita kehidupan agar menjadi pedoman kehidupan bermasyarakat.

Pada intinya Khatib, mengajak jemaah Jumat peka terhadap kondisi disekitar lingkungan. Karena sesungguhnya, banyak peristiwa yang terjadi, namun tidak dipedulikan. Kedepan kepekaan harus ditanamkan di dalam sanu bari.

"Marilah kita bingkai semua kebaikan dalam sebuah keimanan. Sesungguhnya, orag yang paling mulia adalah orang yang bertaqwa diantara kamu," kata Khatib. Sesungguhnya, Umar Islam cukup besar dan kuat.

Agama Islam, lanjut Khatib, adalah umat yang paling kokoh. Dia menganjurkan seluruh umat untuk saling kasih mengasih. Bukan saja satu agama, tapi juga dengan lainya. Dengan persatuan itulah, para pendahulu bagama dapat meraih kemenangan.

"Ingat Islam adalah agama yang mencintai perdamaian. Melalui perdamaian aka terciptalah semua keinginan positif," pesan Khatib, yang juga merupakan Bupati Inhil ini. Sebelum itu, Bupati juga menyempatkan menijau pelaksanaan Khitanan Massal kalangan anak kurang mampu di Puskesmas Kecamatan Concong. (adv/diskominfo/akmal)

 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Rabu, 25 Maret 2020 - 17:48:59 WIB

PERSOALAN WABAH COVID-19 DAN GEOPOLITIK PEMERINTAH DAERAH

Perkembangan teknologi perhubungan telah meluaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, juga dalam perekonomian. Arus pergerakan orang, barang dan uang pun meningkat serta berimbas pada tuntutan pelonggaran pintu-pintu masuk ke suatu daerah. Kata-kata globalisasi, integrasi regional, infrastruktur hingga deregulasi menggambarkan kecenderungan tersebu